Sukses

Dua Jenis Ambeien yang Harus Kamu Ketahui

Liputan6.com, Jakarta Dalam istilah medis ambeien disebut dengan hemorrhoid. Ya, ambeien atau wasir merupakan penyakit yang muncul akibat terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah balik di area sekitar anus. 

Penyebabnya sangat bergam. Namun umumnya terjadi karena adanya tekanan besar, seperti terlalu lama duduk, mengejan terlalu keras karena sembelit, termasuk pasca proses persalinan. 

Dokter Spesialis Bedah Umum dr Wendell Ken, SpB dari Rumah Sakit EMC Tangerang menjelaskan bahwa ambeien memang tidak menyebabkan kematian. Pada stadium ringan bisa sembuh dengan sendirinya. 

Namun nggak bisa dipungkiri, penyakit ini sangat mengganggu aktivitas penderita karena terasa sangat menyakitkan. Nah berdasarkan lokasi dan gejalanya, dr Wendell seperti dikutip laman EMC.id mengutarakan bahwa ada dua jenis ambeien, yaitu: 

2 dari 3 halaman

1. Ambeien Dalam (Internal Hemorrhoid)

Disebut ambeien dalam karena pembengkakan terjadi di dalam anus, tepatnya di liang rektum. 

"Benjolan mungkin tidak terasa dan tidak terlihat dari luar anus, sehingga jarang menimbulkan keluhan," jelas dr Wendell. 

Namun ambeien dalam juga bisa sembuh dengan sendirinya dan termasuk ke dalam jenis ambeien ringan yang biasanya baru terdeteksi ketika ada darah keluar dari anus saat BAB. 

Adapun gejala ambeien dalam salah satunya adalah gatal dan nyeri pada anus. Gejala-gejala ini biasanya baru muncul ketika ambeien dalam menjadi semakin besar. 

3 dari 3 halaman

2. Ambeien Luar (External Hemorrhoid)

Pada ambeien luar, lokasi pembengkakannya terjadi di luar rektum atau lebih tepatnya di sekitar lubang anus. Gejala ambeien luar di antaranya:

  • Rasa perih dan panas di sekitar anus
  • Gatal pada anus
  • Adanya benjolan atau pembengkakan di sekitar anus
  • BAB berdarah

"Dari gejalanya, ambeien luar terasa lebih nyeri dan sering kali membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Hal ini disebabkan oleh pembuluh darah yang mengalami pembengkakan di bawah kulit sekitar anus yang memiliki lebih banyak saraf," jelasnya. 

Meski demikian ambeien bisa dicegah. Caranya dengan memperbanyak konsumsi serat, air mineral, dan probiotik, serta aktif bergerak, dan tidur yang cukup. 

Nah sekarang sudah tahu kan dua jenis ambeien? Jika kamu masih mengalami penyakit ini dan ingin mengetahui kondisimu lebih lanjut, segera berkonsultasi ke rumah sakit yang memiliki fasilitas mumpuni dan dokter profesional. 

 

(*)