Sukses

Rincian 5 Kasus Probable Omicron: 2 WNI dari Inggris dan AS, 3 Warga Tiongkok

Kasus pertama konfirmasi COVID-19 varian Omicron telah ditemukan di Indonesia. Hal ini disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers 16 Desember.

Liputan6.com, Jakarta Kasus pertama konfirmasi COVID-19 varian Omicron telah ditemukan di Indonesia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers 16 Desember menyampaikan kasus pertama Omicron ditemukan pada seorang pekerja kebersihan di Wisma Atlet berinisial N.

Selain N, ada pula 5 kasus probable (kemungkinan) Omicron walau belum dapat dipastikan.

"Kemenkes juga mendeteksi 5 kasus probable Omicron. Jadi belum pasti Omicron tapi karena kita melakukan tes PCR dengan spesifikasi khusus, kita mendeteksi ada 5 kasus probable Omicron," jelas Budi dalam konferensi pers virtual, Kamis (16/12/2021).

Dari kelima kasus probable tersebut, dua kasus di antaranya adalah Warga Negara Indonesia (WNI) yang baru pulang dari Amerika Serikat dan Inggris. Keduanya saat ini sedang diisolasi di Wisma Atlet Kemayoran.

Sedang, tiga kasus probable lainnya adalah Warga Negara Asing (WNA) dari Tiongkok yang datang ke Manado dan sekarang sedang dikarantina di Manado.

“Lima kasus tersebut sifatnya masih probable dan belum tentu terinfeksi varian Omicron.”

Walau begitu, sampel kasus probable sudah dikirim ke Badan Literasi Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) untuk dicek lebih lanjut terkait proses whole genome sequencing-nya.

"Sampel PCR-nya dari lima kasus probable ini sudah dikirimkan ke Balitbangkes dan sedang kami run tes whole genome sequencing-nya. Diharapkan dalam 3 hari ke depan kita sudah bisa konfirmasikan apa benar ini Omicron apa bukan," tutup Budi.

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Omicron Menyebar dari Afrika Selatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.