Sukses

Manfaat Makan Biji Pepaya seperti yang Dilakukan Dahlan Iskan

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, tak cuma makan daging buah pepaya. Ia juga melahap bijinya.

Dalam video pendek yang beredar di WhatsApp Group, nampak Dahlan tengah lahap menyendoki buah berdaging oranye itu. Tak ketinggalan ia menyertakan biji buah pepaya berwarna cokelat kehitaman.

"Dengan bijinya tapi tidak dikunyah, langsung ditelan," kata Dahlan.

Pria 70 tahun ini mengatakan biji pepaya memiliki manfaat lebih hebat dari buah pepaya.

"Jadi, saya setiap makan pepaya isinya saya makan tidak dikunyah, langsung ditelan. Baru setelah makan biji makan isinya (daging buah pepaya)," kata Dahlan.

Apa benar biji pepaya bermanfaat bagi tubuh?

Bila menilik kandungannya, biji pepaya memang bermanfaat bila dikonsumsi. Biji pepaya mengandung polifenol dan flavonoid yang sangat tinggi. Dua senyawa ini bertindak sebagai antioksidan seperti disampaikan dokter Danang Ardianto dari Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus Tawangmangu, Jawa Tengah.

"Manfaat antioksidan bagi tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas," kata d ini pada Selasa (7/12/2021).

Danang menjelaskan bahwa tubuh memerlukan antioksidan untuk melawan efek dari paparan radikal bebas. Beberapa zat yang memiliki sifat antioksidan adalah flavonoid, polifenol, beta karoten, lutein, likopen, selenium, zinc, antosianin (zat warna pada buah dan sayur), serta vitamin A, vitamin C dan vitamin E.

"Radikal bebas ditengarai sebagai penyebab berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, berkurangnya kemampuan penglihatan, hingga Alzheimer," kata Danang.

 

2 dari 3 halaman

Boleh Makan Seberapa Banyak?

Bila ingin meniru kebiasaan Dahlan Iskan yakni makan biji buah pepaya ya aman-aman saja. Namun, perlu diingat rasanya memang tidak nyaman di lidah.

"Bisa dimakan secara langsung hanya saja rasanya pahit dan agak pedas," kata Danang.

Mengenai seberapa banyak boleh makan biji pepaya Danang mengatakan belum ada data terkait hal tersebut. Ia menyarankan 1-2 sendok makan sehari.

"Belum ada data keamanan terkait dosis. Untuk takaran empiris maksimal 1-2 sendok makan sehari," katanya.

Masyarakat bila ingin meniru Dahlan Iskan yang makan pepaya beserta bijinya harus tahu tujuannya. Lalu, tahu juga jenis pepaya mana yang dikonsumi hingga cara mengonsumsinya seperti disampaikan dokter yang juga herbalis, Prapti Utami

"Jadi, jangan copy paste. Yang meniru harus mau bertanggung jawab terhadap keputusan dan tindakannya," kata Prapti ke Health-Liputan6.com pada Selasa (7/12/2021).

3 dari 3 halaman

Infografis Titik Lengah Makan Bersama