Sukses

Viral Dahlan Iskan Makan Pepaya Bersama Biji Tanpa Dikunyah, Amankah?

Dahlan Iskan makan pepaya beserta biji pepaya. Apakah enak dan berkhasiat?

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, membagikan kebiasaannya makan buah pepaya. Dahlan memiliki cara yang tak biasa. Rupanya dia tidak makan daging buahnya saja, melainkan juga melahap biji pepaya.

Dalam sebuah video pendek yang beredar di WhatsApp Group, nampak Dahlan Iskan tengah menyendoki buah berdaging oranye itu. Tak ketinggalan ia menyertakan biji buah pepaya berwarna cokelat kehitaman.

"Dengan bijinya tapi tidak dikunyah, langsung ditelan," kata Dahlan.

Soal khasiat, pria 70 tahun ini mengatakan: "Pasti sangat bagus".

Menurut pendapatnya, biji pepaya memiliki khasiat lebih hebat dari buah pepaya, tanpa menjelaskan secara rinci.

"Jadi, saya setiap makan pepaya isinya saya makan tidak dikunyah, langsung ditelan. Baru setelah makan biji makan isinya (daging buah pepaya)," kata Dahlan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kata Pakar: Aman

Health-Liputan6.com menanyakan kebiasaan Dahlan Iskan kepada dokter yang mendalami bahan herbal, Danang Ardianto. Menurutnya, apa yang dilakukan Dahlan adalah hal yang aman.

Danang memaparkan bahwa biji pepaya mengandung polifenol dan flavonoid yang sangat tinggi. Dua senyawa ini, katanya, bertindak sebagai antioksidan.

"Manfaat antioksidan bagi tubuh adalah untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas," kata pria yang sehari-hari bekerja di Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus Tawangmangu, Jawa Tengah ini lewat pesan teks pada Selasa (7/12/2021).

Danang menjelaskan bahwa tubuh memerlukan antioksidan untuk melawan efek dari paparan radikal bebas tersebut. Beberapa zat yang memiliki sifat antioksidan adalah flavonoid, polifenol, beta karoten, lutein, likopen, selenium, zinc, antosianin (zat warna pada buah dan sayur), serta vitamin A, vitamin C dan vitamin E.

"Radikal bebas ditengarai sebagai penyebab berbagai penyakit seperti kanker, penyakit jantung, berkurangnya kemampuan penglihatan, hingga Alzheimer," kata Danang.

3 dari 4 halaman

Rasa Biji Pepaya Pahit

Mengonsumsi biji pepaya bisa langsung seperti yang dilakukan Dahlan Iskan. Namun, Danang mengatakan biji pepaya memiliki rasa pahit dan agak pedas.

Mengenai seberapa banyak boleh makan biji pepaya, Danang mengatakan belum ada data terkait hal tersebut.

"Belum ada data keamanan terkait dosis. Untuk takaran empiris maksimal 1-2 sendok makan sehari," katanya.

Masyarakat bila ingin meniru Dahlan Iskan yang makan pepaya beserta bijinya harus tahu tujuannya. Lalu, tahu juga jenis pepaya apa yang dikonsumsi hingga cara mengonsumsinya seperti disampaikan dokter yang juga herbalis, Prapti Utami.

"Jadi, jangan copy paste. Yang meniru harus mau bertanggung jawab terhadap keputusan dan tindakannya," kata Prapti ke Health-Liputan6.com pada Selasa (7/12/2021).

4 dari 4 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini