Sukses

Apa Itu Anoreksia? Pahami Pengertian, Penyebab dan Jenis-Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta - Istilah penyakit anoreksia mungkin sudah tidak asing di dengar, namun tahukah Anda apa itu anoreksia? Dilansir WebMD, Minggu (28/11/2021), anoreksia merupakan gangguan makan yang dapat berakibat fatal bagi orang yang mengalaminya.

Penderita anoreksia akan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang sangat terbatas, bahkan hingga menyebabkan kelaparan. Oleh sebab itu, mereka bisa menjadi sangat kurus dan kekurangan gizi, namun tetap menganggap diri mereka kelebihan berat badan.

Anoreksia biasanya berkembang selama masa pubertas, dan biasanya sembilan dari 10 orang dengan anoreksia adalah perempuan. Seseorang dapat dianggap anoreksia ketika mereka membatasi asupan makanan mereka sedemikian rupa sehingga menyebabkan berat badan yang sangat rendah disertai dengan ketakutan yang intens jika berat badan bertambah.

Karena itulah penderita anoreksia dapat mengalami kekhawatiran yang berlebihan dengan berat badan atau bentuk dan menjadi terobsesi dengan makanan. Mereka mungkin mengembangkan ritual makan yang aneh, seperti menolak makan di depan orang lain atau mengatur makanan di piring dengan urutan tertentu.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penyebab Anoreksia

Penyebab pasti dari anoreksia tidak diketahui. Namun, kondisi ini terkadang dialami oleh wanita muda, orang tua atau saudara perempuan dengan gangguan makan lebih mungkin untuk mengembangkannya sendiri.

Lalu ada juga faktor psikologis, lingkungan, dan sosial yang dapat berkontribusi pada perkembangan anoreksia. Orang dengan anoreksia menjadi percaya bahwa hidup mereka akan lebih baik jika saja mereka lebih kurus, dan mereka cenderung perfeksionis.

Banyak ahli berpikir bahwa anoreksia adalah bagian dari upaya bawah sadar untuk berdamai dengan konflik yang belum terselesaikan atau pengalaman masa kecil yang menyakitkan. Namun ternyata pelecehan seksual yang telah terbukti menjadi faktor dalam perkembangan bulimia, itu tidak terkait dengan perkembangan anoreksia.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Anoreksia

Ada dua subtipe anoreksia, yakni terkait dengan jenis gangguan makan yang berbeda yang disebut bulimia, yang ditandai dengan 'bingeing and purging' seseorang makan dan kemudian dengan sengaja muntah. Subtipe lainnya memanifestasikan dirinya melalui pembatasan makanan dan kalori yang parah.

Selain itu sumber daya diagnostik yang dibuat oleh American Psychiatric Association dan hanya digunakan untuk diagnosis di Amerika Serikat (DSM-5) telah menetapkan subtipe yang berbeda untuk lebih memahami perilaku anoreksia, diantaranya:

• Anoreksia Nervosa, Tipe Pembatasan

Tipe Pembatasan adalah subtipe anoreksia yang paling umum dikenal. Penderita Tipe Pembatasan ini akan menjaga berat badan mereka dengan penurunan terutama melalui diet, puasa, dan olahraga berlebihan.

• Anorexia Nervosa, Binge-Eating & Jenis Pembersihan

Mereka yang didiagnosis dengan Anorexia Nervosa, Binge-Eating/Purging Type adalah mereka yang terlibat dalam perilaku restriktif serta perilaku makan berlebihan dan kompensasi pembersihan, seperti muntah yang diinduksi sendiri atau penyalahgunaan obat pencahar, diuretik, atau enema.

• Anoreksia Nervosa atipikal

Anoreksia Nervosa menggambarkan presentasi di mana gejala yang khas dari gangguan makan, dapat menyebabkan penderitaan yang signifikan secara klinis tetapi tidak memenuhi kriteria penuh untuk diagnosis spesifik.

• Anoreksia Atletik

"Anoreksia Athletica," juga dikenal sebagai "anoreksia olahraga", istilah tersebut mengacu pada individu yang melakukan olahraga berlebihan atau kompulsif dan tidak mengkonsumsi kalori yang diperlukan untuk makanan.

Anoreksia bisa menjadi gangguan yang mengerikan, tetapi penting untuk diingat bahwa itu dapat diobati. Seorang individu dapat berjuang jika menerima perawatan yang tepat dan menjalani kehidupan yang bebas dari aturan makanan, diet, atau pembatasan, dan sebaliknya, berfokus pada kegembiraan dan pemulihan.

Penulis: Vania Dinda Marella

4 dari 4 halaman

Infografis Kiat Makan Sehat Kala Lebaran

  • Anoreksia, atau secara medis dikenal dengan istilah anoreksia nervosa, merupakan gangguan makan yang ditandai dengan penurunan berat badan.
    Anoreksia
  • Apa
  • penyebab