Sukses

Sirtfood Diet Jadi Salah Satu Upaya Adele Turunkan Berat Badan, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta Sejak peluncuran album terbarunya 30, Adele masih terus menjadi perbincangan hangat. Hal tersebut pun tak luput dari perjalanan kesehatan mental maupun fisiknya yang kerap dibahas belakangan ini.

Pada sebuah wawancara bersama Vogue, Adele sempat mengonfirmasi bahwa diet ketat bukanlah fokus besar dalam proses penurunan berat badannya. Melainkan hanya menjadi salah satu usaha untuk lebih sehat secara mental dan juga fisik.

"Ini bukan soal menurunkan berat badan, ini tentang menjadi lebih kuat dan memberikan diri sendiri waktu sebanyak-banyaknya tanpa handphone. Saya cukup kecanduan dengan itu," kata Adele dikutip Women's Health, Kamis (25/11/2021).

Terkait hal tersebut, Adele pun mengungkapkan ia tidak melakukan diet apapun. Bahkan, Adele akan makan lebih banyak dari biasanya ketika sedang berolahraga berat.

Namun melansir EatThisNotThat, pada Oktober 2020 lalu, seorang ahli gizi sekaligus penulis buku The Sirtfood Diet Glenn Matten menjelaskan bahwa sejak awal berencana untuk menjadi lebih sehat tepatnya pada 2016, Adele tergabung dalam sebuah anggota gym khusus di London.

"KX (tempat gym) adalah tempat pertama Adele memulai rencana diet Sirtfood. Kami bekerja sangat erat dengan pelatih tur Adele, dia menempatkan semua kliennya untuk melakukan Sirtfood diet," ujar Matten.

Pete Geracimo, pelatih Adele kala itupun menempatkan semua kliennya untuk melakukan Sirtfood Diet. Menurutnya, hal tersebut membuat semuanya tampak luar biasa tanpa kekurangan satu apapun.

2 dari 3 halaman

Apa itu Sirtfood Diet?

Sirtfood Diet sendiri merupakan cara dimana seseorang akan mengonsumsi makanan yang bisa merangsang pembakaran lemak melalui aktivasi sirtuin. Makanan yang memiliki kandungan sirtuin dinilai memiliki efek serupa seperti saat puasa, yang mana akan mendorong penurunan berat badan.

Menurut Marie Claire UK, beberapa makanan yang dapat merangsang proses sirtuin adalah stoberi, dark chocolate, kurma, soba, seledri, kangkung, kenari, minyak zaitun, kopi, dan anggur. Diet satu ini juga membatasi makanan olahan, gula, full-fat dairy, dan pati.

Akan tetapi hingga saat ini, Adele sebenarnya tidak pernah mengonfirmasi telah melakukan Sirtfood Diet. Hal tersebut kemungkinan besar karena penyanyi lagu Easy on Me tersebut tidak melihat diet sebagai penurunan berat badan.

Selama pandemi COVID-19 berlangsung pun, Adele memang berolahraga sebanyak dua hingga tiga kali dalam satu hari dengan pelatihnya. Olahraga beban di pagi hari, hiking atau boxing di siang hari, dan kardio di malam hari.

3 dari 3 halaman

Infografis