Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Manfaat Bercinta hingga Klimaks, Penghilang Rasa Sakit hingga Obat Tidur

Mencapai puncak orgasme tidak hanya meningkatkan kenikmatan seksual namun juga dapat memperkuat dasar panggul, menghilangkan rasa sakit, dan bahkan meningkatkan kualitas tidur.

Liputan6.com, Jakarta Mencapai puncak orgasme tidak hanya meningkatkan kenikmatan seksual namun juga dapat memperkuat dasar panggul, menghilangkan rasa sakit, dan bahkan meningkatkan kualitas tidur.

Orgasme, klimaks atau apapun itu sebutannya, memiliki beberapa manfaat kesehatan tambahan, seperti mengurangi stres atau menghilangkan rasa sakit.

Namun, penelitian tentang manfaat orgasme terbatas, terutama karena pengalamannya berbeda untuk setiap orang. "Beberapa orang orgasme berkali-kali, beberapa sesekali, dan beberapa tidak, dan itu semua normal," kata Rosara Torrisi, terapis seks bersertifikat dan direktur pendiri Long Island Institute of Sex Therapy, dikutip dari Health.

Dengan mengingat hal ini, tujuh manfaat berikut sama sekali bukan daftar lengkap atau jaminan untuk setiap individu. Tapi bisa memberi Anda beberapa dorongan untuk membantu di kamar tidur.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Orgasme meningkatkan mood

Orgasme memancing hormon perasaan baik ke dalam aliran darah, yang dapat membuat Anda merasa lebih bahagia, lebih tenang, dan kurang stres, kata seorang profesor obgyn di Boston University School of Medicine Kate White, MD, MPH.

Menurutnya, hormon-hormon tersebut diantaranya:

- Oksitosin, alias "hormon cinta", yang memfasilitasi perasaan cinta dan keterikatan. Ini juga dilepaskan selama persalinan untuk membantu ikatan bayi.

- Dopamin, yang memicu perasaan intens penghargaan, keinginan, dan kesenangan.

- Endorfin, "candu alami" yang menginduksi rasa euforia dan mengurangi stres.

- Serotonin, yang membantu mengatur suasana hati, nafsu makan, dan tidur.

- Prolaktin, bahan kimia utama yang memulai produksi susu setelah kehamilan dan berperan dalam ikatan, juga membuat kita merasa puas setelah orgasme.

Mencapai klimaks mungkin juga membuat Anda merasa lebih percaya diri, yang selanjutnya dapat meningkatkan suasana hati Anda, jelas Logan Levkoff, PhD, pendidikan seksualitas bersertifikat dan penasihat American Association of Sexuality Educators, Counselors, and Therapists.

Namun, satu hal yang perlu diketahui adalah bahwa tidak jelas berapa lama manfaat penambah suasana hati ini dapat bertahan karena kurangnya penelitian, kata Dr. White.

2. Orgasme membantu terhubung dengan tubuh

Mengalami orgasme, terutama melalui masturbasi, dapat mengungkapkan apa yang normal dan apa yang tidak dalam hal kesehatan seksual Anda. Orgasme juga bisa menjadi indikasi pasangan untuk melihat adanya gangguan pada organ intim, seperti infeksi menular seksual (IMS) atau infeksi jamur.

Mungkin terlihat atau bahkan dari baunya, karena jika Anda tidak tahu apa yang normal untuk tubuh Anda, akan sulit mengidentifikasi ketika ada sesuatu yang salah, kata Levkoff.

Mengalami orgasme juga menciptakan tingkat kenyamanan dengan tubuh Anda, dan tanpa tingkat kenyamanan itu, Anda mungkin akan lebih ragu untuk berbagi info kesehatan dengan dokter.

"Ketika seseorang tidak terbiasa atau tidak nyaman dengan alat kelamin mereka, hal itu dapat menyebabkan mereka takut akan pemeriksaan panggul atau mencegah mereka menyampaikan kekhawatiran kepada penyedia layanan kesehatan, yang berpotensi menunda perawatan dan pengobatan penting," kata Dr. White.

Torrisi juga mengatakan bahwa klimaks adalah bonus tambahan karena mereka bisa yakin bahwa tubuh mereka mampu memberi kesenangan.

 

 

3 dari 5 halaman

3. Orgasme mengajarkan Anda apa yang terasa baik bagi Anda

Tanpa mengalami orgasme, Anda tidak akan dapat sepenuhnya mengeksplorasi apa yang membuat Anda keluar. Padahal itu berpotensi menipu diri dari kenikmatan seksual yang pantas Anda dapatkan.

"Banyak orang ingin mendapatkan orgasme secara konsisten dari penetrasi, dan kenyataannya adalah bahwa beberapa orang dapat datang secara konsisten dari itu, tetapi kebanyakan orang tidak bisa," kata Dr. White. Jika ini terdengar asing bagi Anda, klimaks melalui masturbasi dapat memberi Anda gambaran yang lebih jelas tentang jenis rangsangan yang Anda butuhkan untuk mencapai orgasme.

White merekomendasikan bereksperimen dengan mainan seks atau menyentuh diri sendiri dengan cara yang berbeda sampai Anda tahu apa yang terasa baik. Sehingga Anda dapat mengkomunikasikan yang Anda suka atau tidak suka saat bersama pasangan.

"Memahami bahwa tubuh Anda memiliki kapasitas bawaan untuk kesenangan, dan itu tidak tergantung pada pasangan, itu memberdayakan. Ketahuilah bahwa Anda tidak harus bergantung pada orang lain untuk membuat Anda menjadi makhluk seksual atau membuat Anda merasa sensual," kata Levkoff.

4. Orgasme memperkuat hubungan

Selain membangun hubungan yang Anda miliki dengan diri sendiri, orgasme juga dapat mengikat Anda lebih erat dan lebih dekat dengan pasangan.

Sebuah tinjauan tahun 2016 yang diterbitkan dalam Socioaffective Neuroscience & Psychology menemukan bahwa konsentrasi neurotransmitter oksitosin dan prolaktin (yang keduanya dianggap memfasilitasi ikatan) meningkat selama orgasme. Karena itu, penulis penelitian percaya mungkin ada hubungan antara klimaks dan berhubungan dengan pasangan.

Tentu saja, ini tidak berarti bahwa jika Anda tidak mencapai puncak dengan pasangan Anda, hubungan Anda tidak kuat. Tetapi jika pasangan sangat pandai membuat orgasme akan membuat Anda ingin melihatnya lagi, yang intinya merupakan peluang investasi besar dalam hubungan, kata Torrisi. Selain itu, mengetahui bahwa mereka dapat memberi Anda kesenangan juga dapat meningkatkan kepercayaan diri dan kepuasan mereka.

 

4 dari 5 halaman

5. Orgasme meningkatkan kualitas tidur

Jika Anda mengalami kesulitan tidur, pertimbangkan untuk mendapatkan orgasme. Banyak orang menemukan bahwa orgasme membuat mereka mengantuk, itulah sebabnya mereka bisa menjadi aktivitas tambahan sebelum tidur, saran Levkoff.

Ini mungkin karena hormon relaksasi yang beredar di sistem Anda setelah Anda mencapai puncaknya. Atau bisa juga karena orgasme mirip dengan relaksasi otot progresif, kata Torrisi. Relaksasi otot progresif adalah teknik relaksasi yang melibatkan pengepalan sekelompok otot sekencang mungkin dan kemudian melepaskannya. Melepaskan ketegangan dapat membantu orang tertidur dengan cara yang sama seperti otot berkontraksi dan kemudian melepaskannya selama klimaks. Bahkan beberapa orang jadi tahu dari tubuhnya bahwa itu waktunya tidur.

6. Orgasme mempertahankan otot dasar panggul

Orgasme adalah serangkaian kontraksi otot, dan kontraksi tersebut dapat membantu Anda mempertahankan atau memperkuat dasar panggul Anda, kata Levkoff. Kontraksinya sama dengan yang terjadi selama latihan Kegel (mengencangkan otot dasar panggul, mirip perasaan menahan buang air kecil, dilakukan selama 3-10 detik, lalu lepaskan).

Orgasme juga meningkatkan kesehatan dasar panggul dengan meningkatkan aliran darah ke daerah panggul, yang mendukung pertumbuhan otot,kata Sonia Bahlani, MD, seorang spesialis ob-gyn dan nyeri panggul yang berbasis di New York.

Menurut Health, melenturkan otot dasar panggul secara teratur dapat menghasilkan seks yang lebih baik dengan meningkatkan pelumasan vagina, mengurangi rasa sakit dari penetrasi, dan memperkuat intensitas orgasme. Itu karena dasar panggul yang lebih kuat meningkatkan aliran darah ke alat kelamin dan dapat menyebabkan cengkeraman yang lebih erat selama penetrasi.

7. Orgasme mengurangi rasa sakit

Selain meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur, hormon yang diinduksi orgasme seperti oksitosin dan endorfin tampaknya bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit alami, kata Dr. White.

"Perasaan menyenangkan itu cenderung menghilangkan rasa sakit," kata Levkoff, mencatat bahwa mungkin ini sebabnya beberapa orang menemukan orgasme meredakan kram menstruasi mereka.

Namun, bagi orang lain, justru itu meningkatkan nyeri haid karena orgasme memicu kontraksi rahim, memperburuk kontraksi rahim yang sudah Anda alami berkat menstruasi Anda, jelas Torrisi.

Jadi jangan ragu untuk mencoba orgasme untuk meredakan kram perut dari haid atau yang lainnya. Namun jangan terlalu berharap itu akan langsung bekerja, karena setiap tubuh orang berbeda-beda.

5 dari 5 halaman

Infografis 6 Hal Dilakukan Pria Ketika Jatuh Cinta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.