Sukses

Terdengar Sederhana, Inilah 5 Ragam Manfaat Stretching bagi Tubuh

Tak hanya digunakan sebagai pemanasan, stretching pun memiliki banyak manfaat lainnya, lho.

Liputan6.com, Jakarta Peregangan atau stretching menjadi salah satu kegiatan yang wajib dilakukan sebelum memulai olahraga. Namun tak hanya digunakan sebagai pemanasan, stretching pun memiliki banyak manfaat lainnya, lho.

"Stretching sebenarnya gerakan memanjangkan atau melenturkan tubuh untuk meredakan ketegangan pada otot, sendi, tendon, dan ligamen," ujar certified strength and conditioning specialist Austin Martinez dikutip Bustle, Sabtu (20/11/2021).

Austin mengungkapkan bahwa stretching baik dilakukan setiap hari. Tak perlu dilakukan dengan sesi yang panjang, karena bahkan 10 menit melakukannya pun bisa memberikan perbedaan yang cukup signifikan pada tubuh.

Stretching yang dilakukan secara teratur tanpa disadari pun dapat mengurangi rasa tegang pada otot ketika sedang berlari. Tak hanya itu, otot-otot tubuh pun bisa memendek jika Anda terlalu lama duduk dan tidak melakukan stretching selama beberapa jam.

"Perhatikan area yang terasa kencang dan lakukanlah stretching pada area tersebut selama 20 hingga 30 detik. Jika usaha tersebut dapat melepaskan ketegangan dan mengendurkan otot, Anda berada di jalur yang tepat," kata Austin.

Lalu, apa kira-kira manfaat stretching lainnya? Berikut penjelasannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Mengendurkan otot kaku

Salah satu manfaat yang paling nyata adalah stretching dapat melemaskan otot-otot tubuh yang kaku. Kondisi tersebut mungkin terjadi apalagi jika Anda berada dalam posisi yang sama dalam jangka waktu panjang.

"Melakukannya setiap hari dapat membantu Anda bergerak lebih baik, duduk dengan lebih nyaman, bahkan berpikir lebih jernih. Itu karena stretching memanjangkan otot Anda, yang sebenarnya rentan tegang," ujar guru yoga, Kimberlee Morrison.

2. Mencegah dan meredakan nyeri

Stretching memainkan peranan kunci dalam menangkal kekakuan saat sedang berolahraga. Itulah mengapa stretching dijadikan elemen pokok dalam rutinitas olahraga yang baik.

"Ini sering dilakukan sebagai pemanasan untuk mempersiapkan tubuh sebelum beraktivitas, karena stretching meningkatkan sirkulasi, melumasi sendi, dan meningkatkan reseptor sensorik, yang mana membuat Anda siap untuk bergerak," kata Austin.

 

3 dari 4 halaman

3. Mengurangi risiko cedera

"Ketika tubuh kaku, mereka tidak bergerak secara efektif. Stretching secara teratur itulah yang dapat meningkatkan fleksibilitas, mengurangi ketegangan, dan dengan demikian juga mengurangi kemungkinan ketegangan otot atau cedera sendi," ujar Kimberlee.

4. Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh dapat berubah menjadi lebih baik jika Anda rutin melakukan stretching. Menurut pelatih profesional dan instruktur yoga Lauren Arps, stretching akan meningkatkan kesadaran tubuh.

"Artinya, Anda akan lebih peka secara bawaan ketika harus berdiri tegak dan mendorong bahu Anda ke belakang. Itu juga membuat Anda lebih mudah melakukannya, yang merupakan keuntungan bagi siapa saja yang memiliki kebiasaan membungkuk," katanya.

5. Meningkatkan kualitas tidur

"Stretching dapat meningkatkan kualitas tidur karena dapat melemaskan otot-otot di tubuh. Ketika Anda melakukan stretching dengan mengambil napas dalam-dalam, itu dapat meningkatkan relaksasi," pelatih dan instruktur yoga, Sam Gach.

Sam menambahkan, lakukanlah stretching tepat sebelum tidur, dan lihatlah apakah tidur akan menjadi lebih nyenyak atau tidak.

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.