Sukses

Pertama se-Purwabeka, RS OMNI - EMC Cikarang Berhasil Lakukan Bypass Jantung Koroner

OMNI Hospital Cikarang, milik grup EMC Healthcare telah melakukan operasi bypass jantung koroner. Setelah menjalani operasi dan perawatan pasien tersebut sudah bisa pulang ke rumah.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah terobosan dilakukan OMNI Hospital Cikarang, milik grup EMC Healthcare, dalam melakukan melakukan bedah jantung terbuka. Untuk pertama kalinya, operasi bypass jantung koroner dilakukan di rumah sakit yang berada di kawasan Purwakarta, Karawang dan Bekasi (Purwabeka).

Tim medis RS OMNI Cikarang melakukan operasi bypass jantung koroner atau dalam bahasa medis disebut operasi Coronary Artery Bypass Graft (CABG) pada pasien pria 57 tahun dengan riwayat penyakit jantung koroner. Kondisi pasien tersebut membutuhkan bedah jantung terbuka bypass.

Pada 24 Oktober 2021 yang lalu, tim dokter dari Heart and Vascular Center RS OMNI Cikarang melakukan  prosedur operasi CABG. Operasi bedah jantung terbuka tersebut dilakukan di ruangan yang sudah dilengkapi alat canggih heart and lung machine.

Prosedur CABG adalah pembuatan jalur baru atau bypass di sekitar coronary artery yang tersumbat akibat tumpukan lemak, thrombus yg disebut trombosis atau aterosklerosis seperti disampaikan Direktur OMNI Hospital Cikarang, dokter Rudy Susanto.

Jalur baru yang sudah tersambung ini akan membuat aliran darah menuju organ jantung menjadi lancar. Kondisi ini akan membuat sel jantung cukup mendapatkan nutrisi dan oksigen.

Jika seperti itu, maka jaringan jantung dan otot jantung menjadi kuat untuk memompa darah keseluruh tubuh untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi organ tubuh lain seperti disampaikan Rudy.

Operasi jantung yang dijalani pasien tersebut berlangsung sekitar enam jam. Usai operasi CABG selesai, pasien dipindahkan ke ruang Intensive Care Unit (ICU).

Selama di ICU, kondisi pasien pulih dengan cepat. Dan, dari hari kehari keadaan pasien tercatat semakin stabil dan membaik. Pada 1 November 2021, pasien diperbolehkan untuk pulang dari RS Omni Cikarang.

"Bedah jantung koroner terbuka pertama di kabupaten se-Purwabeka ini tentunya merupakan suatu prestasi besar Pusat Jantung dan Pembuluh Darah(Heart & Vascular Center) RS EMC-OMNI Cikarang. Operasi ini didukung dokter spesialis jantung dan pembuluh darah serta bedah jantung berpengalaman luas dan kompeten di bidang kedokteran kardiovaskuler," kata dokter Rudy dalam Grand Launching Heart and Vascular Center RS OMNI Cikarang pada 3 November 2021.

Para tenaga medis di Heart and Vascular Center ini, kata dokter Rudy, merupakan dokter-dokter berpengalaman dalam melakukan bedah bypass jantung koroner dan pergantian katup jantung.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pusat Pelayanan Jantung yang Dekat dengan Masyarakat Bekasi

Rudy mengatakan dari kesuksesan operasi bypass jantung koroner atau CABG pertama ini akan menjadi awal baik bagi RS OMNI Cikarang dalam menerima kasus operasi jantung CABG berikutnya.

Kehadiran pusat pelayanan jantung dan pembuluh darah dari RS OMNI Cikarang juga bisa melayani pasien di sekitar Bekasi seperti Purwakarta dan Karawang.

Hadir dalam grand launching Heart and Vascular Center RS OMNI Cikarang, Wakil Bupati Bekasi, Akhmad Marjuki. Ia mengapresiasi dengan hadirnya fasilitas terbaru dari rumah sakit yang terletak di Komplek The Kavling 1 Cikarang Selatan ini.

Marjuki mengatakan dengan hadirnya Heart and Vascular Center dari RS OMNI Cikarang, masyarakat Bekasi dengan masalah jantung tidak perlu jauh-jauh pergi mendapatkan perawatan kesehatannya.

"Kabar bahagia bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bekasi karena OMNI Hospital Cikarang sudah menambah fasilitas poli jantung dan pembuluh darah sehingga jika ada masyarakat yang butuh fasilitas tersebut, sudah tidak perlu keluar dari Kabupaten Bekasi," katanya.

Ia mengatakan bahwa layanan fasilitas dari RS OMNI Cikarang tersebut sedang diarahkan bisa digunakan bagi anggota BPJS Kesehatan.

 

3 dari 3 halaman

Tentang Heart and Vascular Center RS OMNI Cikarang

Heart and Vascular Center RS OMNI Cikarang dibangun dengan taraf internasional. Para tenaga medis kompeten mulai dari dokter ahli hingga perawat telah tersedia. Lalu dilengkapi dengan alat-alat yang memadai untuk dapat melayani masyarakat yang membutuhkan.

Tim Pusat Jantung dan Pembuluh Darah RS Omni Cikarang terdiri dari dokter Marolop Pardede SpBTKV, Ketua Tim Operator dokter Kabul  Priyantoro, SpJP Interventionalis, dan dokter Mailani Karina Akhmad, SpJP dan dokter subspesialis penunjang anestesi kardiovaskular, dokter Yudhi Prasetyo SpAn.

"Kita berhasil mendirikan Pusat Jantung dan Pembuluh Darah yang mana merupakan visi kami untuk mendirikan sentra unggulan bertaraf internasional. Kami telah siapkan dokter ahli, perawat, dan alat-alat yang memadai," kata dokter Rudy.

Pusat Pelayanan Jantung & Pembuluh Darah RS OMNI Cikarang sudah memulai pelayanannya sejak tanggal 1 September 2021. Pelayanan dilakukan setelah mendapatkan izin untuk pemanfaatan atau utilisasi fasilitas Cath Lab dari BAPETEN (Badan Pengawas Tenaga Nuklir).

Belum dua bulan sejak mulai operasional, pusat jantung dan pembuluh darah RS OMNI - EMC Cikarang sudah mendapatkan kepercayaan dari masyarakat se-Purwabeka. Hingga saat ini sudah berhasil melakukan lebih dari 10 intervensi dan tindakan kasus kasus jantung dan pembuluh darah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini