Sukses

Manfaat Jus Wortel Bagi Pasien Diabetes

Minum jus wortel ini justru memiliki banyak manfaat. Berikut selengkapnya manfaat diabetesi mengonsumsi wortel.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi orang dengan diabetes atau diabetesi biasanya memiliki beberapa makanan yang dibatasi untuk dimakan. Mereka tidak diperbolehkan makan makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

Salah satu jenis makanan yang mesti dibatasi oleh penderita diabetes adalah karbohidrat. Namun, makanan yang mengandung karbohidrat ternyata juga kaya akan vitamin, mineral bahkan serat.

Dilansir Dr Health Benefits, Senin (25/10/2021), beberapa makanan khususnya sayuran non-zat tepung memiliki dampak yang lebih kecil terhadap kadar glukosa darah. Contohnya adalah wortel, karena diyakini memiliki dampak baik pada diabetes.

Jus wortel merupakan salah satu minuman yang bisa dinikmati oleh penderita diabetes. Simak manfaat luar biasa dari jus wortel untuk penderita diabetes.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Wortel dan Diabetes

Wortel diketahui memiliki dampak besar pada kesehatan mata kita, juga bagus untuk diabetes. Sayur ini kaya akan beta-karoten dan prekursor vitamin A. Selain itu, wortel juga kaya akan antioksidan, serat, dan nutrisi lainnya.

Wortel berukuran sedang hanya mengandung 4 gram karbohidrat yang dapat dicerna dan merupakan makanan rendah glikemik. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa nutrisi dalam wortel mungkin memiliki manfaat bagi penderita diabetes. Berikut adalah manfaatnya:

• Vitamin B-6

Vitamin B memiliki peran yang sangat penting dalam masalah metabolisme. Sebuah penelitian menemukan bahwa kekurangan vitamin B-1 dan B-6 akan menyebabkan diabetes tipe 2. Selain itu, rendahnya kadar vitamin B-6 juga akan menjadi awal perkembangan nefropati diabetik.

• Vitamin A

Vitamin ini juga penting untuk mengontrol glukosa darah. Sebuah penelitian bereksperimen pada beberapa tikus yang mengalami disfungsi pada sel B pankreas yang mengalami kekurangan vitamin A. Oleh karena itu, vitamin A berperan penting dalam mengontrol gula darah bagi penderita diabetes.

• Serat

Asupan serat dalam mengelola gula darah juga penting. Serat pangan terbukti berdampak pada penurunan prevalensi diabetes tipe 2. Selain itu, asupan serat juga dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah puasa dan jangka panjang.

3 dari 4 halaman

Resep Jus Wortel untuk Penderita Diabetes

Membuat jus wortel untuk penderita diabetes tidak sesederhana mencampur wortel menjadi satu. Berikut ini resep wortel untuk penderita diabetes:

Bahan-bahan:

26.4 ons wortel

7,7 ons apel merah

7,7 ons apel hijau

0,7 ons lemon

0,7 ons jahe

Langkah pembuatan:

1. Kemudian campurkan semua bahan ke dalam blender

2. Blender hingga halus

3. Tuang ke dalam gelas dan sajikan

Selain sehat, jus wortel juga memiliki banyak manfaat dan rasanya yang lezat. Jus wortel ini juga dapat membantu sistem pencernaan, pengaturan tekanan darah, kekuatan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan penglihatan dan mengurangi risiko penyakit jantung.

Penulis: Vania Dinda Marella

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Penderita Diabetes Hindari Penularan Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.