Sukses

6 Cara Mudah Memeriksa Kehamilan di Rumah

6 bahan mudah yang dapat digunakan sebagai DIY testpack

Liputan6.com, Jakarta - Ternyata selain menggunakan testpack, ada cara mudah untuk mengetahui kehamilan yang dapat dicoba oleh setiap calon ibu.

Untuk mengetahui kehamilan, biasanya diperlukan tes hCG (Human Chorionic Gonadotropin). hCG adalah hormon kehamilan karena dibuat oleh sel-sel yang terbentuk di dalam plasenta. Hormon ini memberi nutrisi pada sel telur setelah dibuahi dan membantunya melekat pada dinding rahim.

Menurut American Pregnancy Association, tingkat pertama dapat dideteksi dengan tes darah sekitar 11 hari setelah pembuahan dan sekitar 12-14 hari setelah pembuahan dengan tes urine.

Biasanya tes urine ini dilakukan dengan menggunakan testpack agar lebih akurat. Namun jika anda tidak memiliki alat tersebut, Anda dapat menggunakan bahan-bahan di rumah untuk membuat beberapa do-it-yourself (DIY) test pack.

Selain murah dan mudah didapatkan, tes kehamilan do-it-yourself ini juga dapat menjaga privasi Anda. Berikut 8 DIY tes kehamilan alami yang dapat Anda coba, dilansir dari Times of India.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Menggunakan Pemutih Pakaian

Metode ini dikatakan memberikan hasil yang paling akurat dan lebih cepat daripada metode lainnya.

Ambil wadah bersih dan kumpulkan urin di dalamnya. Sekarang tambahkan beberapa bubuk pemutih ke dalamnya dan aduk dengan benar untuk menghindari gumpalan. Jika campuran tersebut membentuk busa atau mendesis, itu berarti Anda hamil dan jika tidak ada busa, Anda tidak hamil.

2. Menggunakan Gula

Metode ini paling banyak digunakan ketika tidak ada test pack yang tersedia.

Ambil satu sendok makan gula dalam mangkuk dan tambahkan satu sendok makan urin ke dalamnya. Perhatikan bagaimana gula bereaksi setelah Anda menuangkan air seni di atasnya.

Jika gula mulai menggumpal, itu berarti Anda hamil dan jika gula larut dengan cepat, itu berarti Anda tidak hamil. Hal ini dikarenakan hormon HCG yang dilepaskan dari urin tidak memungkinkan gula larut dengan baik.

3 dari 4 halaman

3. Menggunakan Garam

Metode ini hampir sama dengan ketika menggunakan gula. Anda cukup mengambil satu sendok garam ke dalam gelas dan tambahkan urine ke dalamnya.

Jika positif hamil, Anda akan melihat bahwa gumpalan putih krem ​​seperti susu terbentuk dari reaksi tersebut. Jika tidak ada reaksi yang terjadi antara urine dan garam, berarti Anda tidak hamil.

4. Menggunakan Pasta Gigi

Anda dapat menggunakan pasta gigi apa saja yang berwarna putih. Ambil dua sendok makan pasta gigi putih dalam wadah dan tambahkan sampel urin ke dalamnya.

Jika pasta gigi berubah menjadi biru dan berbusa, Anda positif hamil.

4 dari 4 halaman

5. Menggunakan Cuka

Ambil dua sendok makan cuka putih dalam wadah plastik. Tambahkan urin Anda ke dalamnya dan campur dengan benar.

Jika cuka berubah warna dan membentuk gelembung, Anda hamil dan jika tidak ada perubahan, Anda tidak hamil.

6. Menggunakan Baking Soda

Pertanda positif yakni hormon hCG akan bereaksi dengan baking soda dengan mengeluarkan suara mendesis layaknya kita sedang menyeduh Redoxon/Protecal.

 

Reporter: Lianna leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.