Sukses

Dinilai Bekerja Baik Saat Pandemi, Menkes Budi Gunadi Dapat Gelar dari Keraton Solo

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mendapatkan gelar kebangsawanan atau Keakncingan dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo).

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mendapatkan gelar kebangsawanan atau Kekancingan dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat (Keraton Solo). Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Paku Buwono XIII Hangabehi memberikan gelar tersebut secata tertutup di dalam keraton pada Rabu, 29 September 2021.

Paku Buwono XIII Hangabehi menganugerahinya gelar kebangsawanan setelah Budi meninjau sentra vaksinasi di Pagelaran Keraton.

Budi Gunadi mendapatkan gelar kebangsawanan tersebut karena dinilai peduli pada abdi dalem keraton serta warga di sekitar Keraton Solo yang belum divaksin COVID-19.

Selain itu, pengganti Terawan ini juga dinilai bekerja dengan baik di masa pandemi COVID-19 seperti disampaikan Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, KGPH Dipokusumo mengutip Antara.

Dipo juga mengatakan bahwa Keraton Solo mengapresiasi Budi dalam memilih tempat vaksinasi di lokasi bersejarah di Solo.

“Beliau pejabat tinggi dan pemilihan tempat vaksinasi COVID-19 di sini. Sehingga semakin mengerti arti penting sejarah budaya termasuk peninggalan sejarah itu bisa bermanfaat bagi masyarakat,” jelas Dipo mengutip Solo Pos.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upacara Pemberian Gelar Dilakukan Setelah Pandemi

Mengenai upacara pemberian gelar bakal ditunda mengingat masih dalam kondisi pandemi COVID-19. Ibarat orang menikah, resepsi dalam hal ini pemberian gelar sudah dilakukan tapi resepsi alias upaca pemberian gelar belum dilaksanakan seperti meniru ungkapan Dipo.

Gelar kepada Budi Gunadi diberikan hanya berjarak sepekan setelah Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dianugrahi gelar Kanjeng Pangeran.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk Kenali 2 Maskot dan Slogan PON XX Papua 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.