Sukses

Dokter Bagikan Pola Makan Sehat untuk Hindari Penyakit Jantung, Seperti Apa?

Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Primaya Hospital Bekasi Barat, Fachmi Ahmad merekomendasikan pola makan sehat untuk menghindari penyakit jantung.

Liputan6.com, Jakarta Dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Primaya Hospital Bekasi Barat, Fachmi Ahmad merekomendasikan pola makan sehat untuk menghindari penyakit jantung.

Pola makan tersebut yakni:

-Sarapan pukul 06.00-09.00: harus ada makanan kaya protein seperti telur dan karbohidrat seperti oatmeal dan roti gandum utuh.

-Kudapan pukul 10.00: bisa dimakan beberapa jam setelah sarapan, cari yang mengandung serat dan protein tinggi, misalnya buah, biskuit gandum, dan keju.

-Makan siang pukul 12.00-13.00: makan makanan mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi, seimbangkan dengan protein, serat, vitamin, dan mineral lain.

-Kudapan pukul 15.00: komposisi makanan serupa dengan kudapan pukul 10.00, jenis makanan bisa dibedakan.

-Makan malam sebelum pukul 18.00: pilih makanan tinggi serat dan rendah kolesterol seperti menu makan siang. Sebaiknya makan malam tiga jam sebelum tidur agar semua makanan bisa dicerna dengan baik pada malam hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Yang Perlu Dihindari

Fachmi menambahkan, makanan dan minuman yang berpotensi menimbulkan penyakit jantung adalah makanan dan minuman yang banyak mengandung gula, garam, lemak, dan karbohidrat olahan yang tidak baik bagi jantung.

Bila terlalu banyak, bahan pangan tersebut bisa mengganggu kerja jantung dan pembuluh darah.

“Makanan yang diolah dengan cara digoreng menggunakan minyak dan makanan cepat saji juga meningkatkan risiko penyakit jantung,” kata Fachmi dalam seminar daring Primaya Hospital, Rabu (29/9/2021).

3 dari 4 halaman

Yang Direkomendasikan

Sedang, makan dan minuman yang direkomendasikan agar dapat menjaga kesehatan jantung adalah yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6, serat, antioksidan, potasium, dan fitosterol.

Zat-zat tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol, menjaga elastisitas pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, dan mencegah penumpukan plak yang dapat menyumbat pembuluh darah.

“Demi menjaga jantung sehat, konsumsi makanan sebanyak tiga kali sehari dan dapat diselingi kudapan pada pagi menjelang siang serta sore hari. Kuncinya adalah menerapkan pola makan gizi seimbang,” pungkasnya.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Jantung

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.