Sukses

Bagi-Bagi Masker untuk Masyarakat di Kawasan Pendukung PON XX Papua

Pembagian masker di kawasan pendukung PON XX Papua.

Liputan6.com, Jayapura Penguatan protokol kesehatan menjelang pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tidak hanya dilakukan di tempat-tempat yang menjadi pusat pertandingan. Kawasan pendukung di sekitarnya yang ramai aktivitas warga juga menjadi perhatian Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pada Selasa, 29 September 2021, relawan protokol kesehatan kembali membagikan masker melalui Gerakan Mobil masker di Pasar Baru Sentani, Kabupaten Jayapura. Pasar itu terletak sekitar 10 menit dari Stadion Barnabas Youwe, salah satu stadion yang digunakan untuk pertandingan sepak bola PON XX Papua.

Melalui keterangan resmi BNPB, Selasa (29/9/2021), Pasar Baru Sentani menjadi salah satu pusat aktivitas masyarakat di Kabupaten Jayapura.

Sebanyak 3.000 masker kain telah didistribusikan melalui Gerakan Mobil Masker kepada para pedagang dan pembeli. Para relawan juga mengimbau masyarakat secara langsung pentingnya penerapan protokol kesehatan untuk mengurangi risiko terpapar COVID-19.

"Bapak/Ibu, Mama/Pace, ayo sama-sama kita pakai masker untuk melindungi diri kita juga keluarga dari COVID-19. Kita semua sayang keluarga kita toh?" kata salah satu relawan kepada warga.

Selain pembagian 3.000 masker, ada 11.000 masker kain yang berhasil didistribusikan melalui gerai masker maupun mobil masker di 5 titik lainnya. Hingga Selasa (28/9/2021), total masker yang telah dibagikan Minggu (26/9/2021) di Kabupaten Jayapura sebanyak 25.000.

Gerakan Mobil Masker BNPB, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat lebih patuh dan tertib protokol kesehatan, meliputi kesadaran untuk selalu meningkatkan disiplin memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gladi Pembukaan PON XX Papua

Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letjen TNI Ganip Warsito pun tiba di Kota Jayapura, Provinsi Papua untuk melakukan penguatan kesiapan protokol kesehatan (prokes) jelang penyelenggaraan PON XX Papua.

Kunjungan kerja Ganip Warsito merupakan bentuk dukungan terhadap penerapan disiplin protokol kesehatan demi kesuksesan acara PON XX, namun juga aman dari penularan virus Corona.

Usai mendarat di Jayapura, Ganip beserta rombongan langsung melakukan peninjauan Gladi Pembukaan PON XX Papua yang dilaksanakan di venue Stadion Lukas Enembe, Kabupaten Jayapura. Acara pembukaan ini, direncanakan akan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia pada Sabtu (2/10/2021) mendatang.

Turut hadir beserta rombongan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Papua Lukas Enembe, Perangkat Pemerintah Daerah setempat, unsur Forkopimda, dan komponen terkait.

Setelah menghadiri acara Gladi Pembukaan PON XX, Ganip dijadwalkan melakukan rapat koordinasi bersama unsur forkopimda setempat pada Rabu, 30 September 2021. Ia juga akan mengunjungi beberapa venue PON XX Papua untuk melihat sarana dan prasarana penunjang protokol kesehatan sudah terpenuhi.

3 dari 3 halaman

Infografis Yuk! Pakai Masker dan Segera Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.