Sukses

3 Manfaat Jeruk yang Nggak Banyak Orang Tahu

Liputan6.com, Jakarta Ketika berbicara tentang manfaat kesehatan dari jeruk, hal pertama yang muncul adalah vitamin C. Ya, satu buah jeruk mengandung sekitar 80% kandungan vitamin C.

Namun selain vitamin C yang mendukung fungsi kekebalan tubuh dan sebagai nutrisi untuk membantu memproduksi kolagen, mengurangi peradangan, jeruk juga mengandung manfaat lain lho. Dikutip laman Health, berikut sederet manfaat jeruk yang nggak banyak orang tahu:

2 dari 4 halaman

Pelindung Usus

Tahukah kamu bahwa jeruk memiliki tiga gram kandungan serat dari 12% target kecukupan tubuh? Serat larut dalam jeruk bermanfaat untuk mendukung fungsi pencernaan, mengatur kadar gula darah dan insulin, serta meningkatkan perasaan kenyang.

Nggak jarang, jeruk juga berkontribusi terhadap tidur yang nyenyak. Selain itu, jenis serat tersebut juga terbukti membantu mengurangi kolesterol darah, menangkis lemak perut internal yang disebut lemak visceral.

Untuk diketahui, lemak visceral kerap dikaitkan dengan peningkatan peradangan, risiko penyakit kronis, serta diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan beberapa jenis kanker.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kulit Jeruk

Sudah menjadi rahasia umum bahwa jeruk mengandung antioksidan flavonoid yang memberikan manfaat anti-inflamasi, antivirus, dan antimikroba. Selain buahnya yang mengandung sejumlah manfaat, kulit jeruk ternyata juga bermanfaat lho.

Para peneliti menemukan bahwa flavonoid ditemukan dalam kulit jeruk yang dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, mendukung apoptosis, serta mematikan sel-sel yang nggak berfungsi dalam tubuh.

Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan khasiat kulit jeruk, pilihlah jeruk organik. Ini tujuannya untuk mengurangi parparan residu pestisida. Kemudian, gunakan parutan untuk mengupas kulit luarnya, lalu gunakan untuk tambahan salad buah, dan roti panggang.

4 dari 4 halaman

Mendukung Fungsi Jantung

Salah satu manfaat mengonsumsi jeruk adalah mendukung fungsi jantung dan kontraksi otot, serta membantu massa otot. Khasiat itu terdapat dijeruk karena adanya kandungan kalium dan folat.

Nggak cuma itu saja, mineral dalam jeruk juga bertindak sebagai diuretik alami, mengurangi tekanan darah, hingga melawan retensi cairan. Kandungan folat mendukung otak dan sistem sarah, serta membantu melindungi dari masalah memori. Jeruk juga memasok sejumlah vitamin dan mineral lain, seperti vitaminA, magnesium, kalsium, dan vitamin B. 

Oh ya, kamu juga bisa lho menikmati jeruk dengan campuran air kelapa. Biar nggak repot meski nyari air kelapa muda, kamu bisa menikmati sensasi kesegaran air jeruk dan air kelapa dari minuman kemasan yang berisi bulir utuh dan coco bitz yang bouncy, bikin hari-hari kamu seger dan FUN banget! 

 

(*)