Sukses

Kenali Kaitan Gejala Psikosomatik, Stres, dan GERD

GERD atau masalah lambung juga dapat terjadi karena psikosomatik

Liputan6.com, Jakarta - Tanpa Anda sadari, setiap hari Anda bisa dihadapkan dengan berbagai macam hal yang bisa memicu stres. Mulai dari stres akibat kemacetan di jalan, pertengkaran dengan pasangan, atau stres akibat masalah keuangan yang tidak kunjung membaik. Secara tidak disadari, emosi sangat mempengaruhi kesehatan pencernaan kita.

Meski umumnya dapat diatasi, stres yang tidak berujung bisa berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya menyebabkan gangguan psikosomatik.

Namun, hubungan antara psikosomatik dan penyakit refluks gastroesofagus (GERD) atau refluks asam adalah hubungan yang rumit. Sama seperti stres seorang pria yang memicu adrenalin orang lain, stres dapat mengganggu sebagian orang yang menderita GERD. GERD juga dapat membuat stres dan menyebabkan kecemasan pada beberapa orang.

Gangguan psikosomatik dapat terjadi pada semua kelompok usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Munculnya keluhan psikosomatik pada seseorang biasanya diawali masalah kesehatan mental yang dialaminya, seperti takut, stres, depresi, atau cemas.

Meskipun gangguan psikosomatik dapat memperburuk gejala GERD, itu tidak mungkin menjadi penyebab utama gangguan asam lambung kronis Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hubungan antara Psikosomatik dan asam lambung

Stres dapat memperburuk gejala refluks asam, dan kecemasan adalah respons alami terhadap stres dalam tubuh. Secara bersamaan, mengalami kecemasan juga bisa membuat stres, yang dapat melanjutkan siklus gejala tersebut.

Menurut Dr. Andri, Spesialis Kedokteran Jiwa di RS OMNI, Alam Sutera, hal ini disebabkan oleh gejala yang berkaitan dengan kecemasan pada dasarnya terhubung pada sistem saraf pusat di otak atau disebut sistem saraf otonom. Sehingga rasa sakit itu dapat menyerang hingga ke lambung dan disalah artikan sebagai GERD.

"Sistem saraf otonom memang lebih dominan berkaitan dengan tiga bagian besar tubuh, yaitu Jantung, lambung, dan paru-paru. Makanya kalau temen-temen perhatikan gejala temen-temen, jantung seringkali berdebar-debar dan terjadi gangguan lambung yang khusus," kata Dr. Andri.

Ada juga beberapa bukti yang menunjukkan bahwa stres dan kecemasan dapat memicu refluks asam atau memperburuk gejala. Salah satunya, sebuah studi 2018 yang melibatkan lebih dari 19.000 orang menemukan bahwa mereka yang cemas lebih mungkin mengalami gejala GERD, dimana:

  • Kecemasan dapat mengurangi tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah, yang merupakan pita otot yang menjaga lambung tetap tertutup dan mencegah asam bocor ke kerongkongan.
  • Respons stres dan kecemasan dapat menyebabkan ketegangan otot yang bertahan lama. Jika ini mempengaruhi otot-otot di sekitar perut, itu bisa meningkatkan tekanan di organ ini dan mendorong asam ke atas.
  • Tingkat kecemasan yang tinggi dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Mengutip Medical News Today, pada Rabu (1/09/2021), penulis studi di Clinical Gastroenterology and Hepatology juga menemukan bahwa di antara orang-orang dengan GERD, gejala – termasuk rasa sakit dan mulas – lebih parah pada mereka yang memiliki tingkat kecemasan yang lebih tinggi.

Faktor lain yang dapat menyebabkan refluks asam meliputi:

  • Makan sebelum tidur
  • Makan makanan besar atau berlemak, termasuk makanan pedas dalam makanan
  • Mengalami obesitas
  • Mengkonsumsi alkohol
  • Merokok 

 

3 dari 4 halaman

Membedakan gejala GERD dan Psikomatik

Penyakit refluks gastroesofagus (GERD) adalah suatu kondisi yang menyebabkan refluks asam secara teratur, karena asam lambung sering bocor kembali ke kerongkongan. Ini terjadi ketika asam dari lambung mengiritasi kerongkongan.

Ini menyebabkan sejumlah gejala, yang paling umum adalah mulas, rasa terbakar di tengah dada dan, kadang-kadang, di tenggorokan. Dan lebih parahnya, GERD ini dapat menyebabkan peradangan atau luka di daerah kerongkongan, kata Dr. Andri.

Gejala GERD mungkin termasuk:

  • maag
  • mual atau sakit perut
  • nyeri di dada atau perut
  • menelan yang menyakitkan
  • muntah
  • bau mulut

Berbeda dengan gejala GERD, gejala psikosomatik bervariasi dari orang ke orang. Gejala yang umunya terjadi antara lain:

  • detak jantung cepat-kegugupan atau kegelisahan-otot berkedut-merasa sangat tegang, baik secara fisik maupun mental
  • pernapasan cepat atau hiperventilasi
  • perasaan takut atau malapetaka yang akan datang terus-menerus
  • kesulitan fokus
  • masalah pencernaan lainnya, seperti gas, diare, atau sembelit
  • ketidakmampuan untuk tidur

Gangguan psikosomatik juga dapat muncul sebagai tanda-tanda penderitaan yang tiba-tiba dan intens yang disebut serangan panik, dimana terjadi ketika gejala parah datang dengan sangat cepat. Ini bisa termasuk ketakutan yang ekstrem, perubahan drastis dalam detak jantung, dan perubahan pernapasan.

4 dari 4 halaman

Pengurangan stres adalah kuncinya

Mengurangi stres dapat meredakan mulas dan masalah pencernaan lainnya, tetapi ini lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, kata Dr. Jonathan Schreiber, MD, seorang ahli gastroenterologi di Mercy Medical Center di Baltimore.

"Saya sering memberi tahu pasien jika saya bisa menulis resep untuk menghilangkan stres, saya akan menulis sendiri dulu."

Namun, ada hal-hal yang dapat dilakukan orang untuk mengurangi stres yang dapat membantu mengurangi mulas. Misalnya, olahraga adalah pengurang stres yang hebat.

"Ini tidak berarti lari maraton," kata Dr. Schreiber. "Bisa jalan kaki setengah jam sehari. Anda benar-benar perlu mencurahkan cukup waktu untuk merawat diri sendiri, baik itu membaca buku, jalan-jalan, atau melakukan yoga."

Menurut Health.com, kegiatan kreatif seperti menulis, karya seni, atau musik juga dapat berperan dalam pengurangan stres.

"Ini stroke yang sangat berbeda untuk orang yang berbeda," kata Dr. Mitchell Cappell, MD, PhD, kepala gastroenterologi di Rumah Sakit Beaumont di Royal Oak, Mich. "Lakukan apa pun yang bisa menenangkanmu. Terkadang sesederhana mendengarkan musik."

Berbicara dengan terapis, anggota pendeta, atau bahkan teman baik tentang masalah Anda juga dapat membantu mengurangi stres, katanya.

Kebiasaan sehat sangat membantu memerangi stres. Sangat mudah untuk melakukan hal-hal yang kita tahu tidak baik untuk kita, seperti merokok dan mengonsumsi alkohol atau kafein berlebihan, ketika masa-masa sulit.

Dan bukan kebetulan bahwa ini adalah beberapa hal yang sama yang diketahui dokter meningkatkan risiko mulas. Kafein, merokok, dan alkohol dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, yang merupakan otot yang menghubungkan kerongkongan dengan lambung, dan memungkinkan asam mudah masuk ke saluran makanan.

Jika Anda sedang stres, hindarilah pemicu mulas yang diketahui seperti cokelat, buah jeruk dan jus, tomat dan saus tomat, makanan pedas atau berlemak, produk susu penuh lemak, dan peppermint. Kiat lain termasuk mencoba membuat waktu makan sesantai mungkin, mungkin dengan memainkan musik yang menenangkan. Makan makanan kecil juga membantu.

 

Reporter: Lianna Leticia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini