Sukses

Darurat COVID-19, Ini 2 Layanan Tabung Oksigen Gratis untuk Pasien Corona Jabodetabek

Liputan6.com, Jakarta - Membeludaknya pasien COVID-19 membuat kebutuhan tabung oksigen meningkat. Banyak juga yang kesulitan mendapatkan padahal oksigen tersebut dibutuhkan.

Di tengah kondisi sulit, ada gerakan untuk meminjamkan tabung oksigen kepada pasien COVID-19 yang membutuhkan. Tentu saja kehadiran gerakan dari masyarakat ini memberi harapan di tengah sulitnya mendapatkan tabung oksigen saat ini.

Gerakan Tabung Oksigen untuk Kemanusiaan

Layanan peminjaman tabung oksigen gratis dari Gerakan Tabung Oksigen untuk Kemanusiaan banyak masuk di WhatsApp Group. Dan, apa yang tertulis memang benar adanya bahwa ini adalah gerakan yang bisa meminjamkan tabung oksigen untuk pasien COVID-19.

"Iya betul," kata dokter Juanli yang juga Ketua Gerakan Tabung Oksigen untuk Kemanusiaan lewat pesan teks ke Liputan6.com.

Berikut hotline yang bisa dihubungi lewat pesan WhatsApp (tidak menerima telepon) terkait peminjaman tabung oksigen:

1. 0816 188 2850

2. 0811 190 9915

3. 0816 132 2277

Bila ingin meminjam tabung oksigen perlu mengisi inform consent dengan materai Rp10.000 dengan maksimal peminjaman lima hari dan dikembalikan dalam kondisi penuh kembali.

"Peminjam mengambil dan mengembalikan tabung di & ke titik relawan terdekat kami," begitu bunyi pesan tersebut.

Mengingat banyak orang yang membutuhkan, tidak semua bisa mendapatkan, bakal dilakukan screening oleh tim medis dengan skala prioritas gejala COVID-19.

Bila tim medis Gerakan Tabung Oksigen untuk Kemanusiaan memberi lampu hijau maka keluarga pasien perlu mengambil dan kemudian mengembalikan ke titik relawan terdekat.

Hingga saat ini, relawan terdekat masih dalam jangkauan Jabodetabek. Berikut daftar wilayah relawan gerakan ini:

  • Jakarta Barat ada di Daan Mogot, Tanjung Duren, Duta Mas dan Green Lake,
  • Jakarat Utara: Kapuk dan Sunter
  • Jakarta Timur: Pulogadung, Cakung dan Jatinegara
  • Jakarata Selatan: Cipete Ragunan, dan Kebayoran baru
  • Tangerang Selatan: BSD dan Bintaro
  • Bekasi: Jatisampurna.

 

2 dari 4 halaman

Gerakan Indonesia Kita (GIT)

Gerakan Indonesia Kita (GIT) menyediakan jasa peminjaman tabung oksigen gratis untuk pasien COVID-19. Durasi layanan peminjaman di sini khusus untuk 5-7 hari isolasi mandiri.

Sama seperti gerakan sebelumnya, tim akan menentukan apakah calon peminjam bakal mendapatkan tabung oksigen atau tidak.

"Kami menentukan prioritas peminjaman berdasarkan situasi pasien. Tabung dapat kami antar ke rumah Anda (ambil sendiri tentu lebih baik)," kata mereka dalam akun @sejutates.

Untuk bisa meminjam isi formulir di tautan: https://bit.ly/pinjamoksi. Lalu, siapkan materai Rp10 ribu untuk pernyataan peminjaman.

Layanan ini tersedia untuk warga Jakarta, Kota Bogor, Depok, Tangerang, Tangerang Selatan, dan Kota Bekasi.

Namun, saat berita ini ditulis sedang tidak dibuka lagi mengingat jumlah pasien COVID-19 yang mendaftar amat banyak. Pembukaan peminjaman bakal diinformasikan lewat akun Instagram @sejutates.

3 dari 4 halaman

Infografis

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Berikut