Sukses

Menkes: Presiden Jokowi Dorong Akselerasi Vaksinasi COVID-19, Target Juli 1 Juta per Hari

Menkes mengatakan Presiden telah meminta agar target vaksinasi 700 ribu per hari di bulan Juni, serta 1 juta per hari di Juli dapat tercapai

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mendorong akselerasi atau percepatan vaksinasi COVID-19 di masyarakat.

Dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (14/6/2021), Menkes mengatakan Presiden telah meminta agar target vaksinasi 700 ribu per hari di bulan Juni, serta 1 juta per hari di Juli dapat tercapai.

"Beliau sudah menugaskan TNI dan Polri untuk mendampingi bersama-sama dengan vaksinasi program melalui pemerintah daerah, untuk bisa melakukan vaksinasi sampai 400 ribu per hari," kata Menkes.

"Sehingga 600 ribu per hari akan melalui jalur pemerintah daerah, sedangkan 400 ribu per hari akan dilakukan melalui jalur sentral TNI dan Polri," Budi Gunadi menambahkan.

Ia melanjutkan, Kementerian Kesehatan sudah diminta untuk memastikan agar koordinasinya berjalan dengan baik dan suplai vaksin COVID-19 juga dilakukan dengan baik.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Implementasi Protokol Kesehatan

Dalam pernyataan tersebut, Menkes juga mengungkapkan bahwa Jokowi telah meminta agar implementasi protokol kesehatan di lapangan harus dijalankan dengan lebih disiplin.

"Untuk implementasi di lapangan Bapak Presiden menekankan sekali lagi, bahwa protokol kesehatan harus dijalankan dengan disiplin sesuai aturan PPKM mikro yang sudah ada," kata Menkes.

"Memang banyak aturannya sudah baik untuk daerah merah, oranye, kuning, tapi implementasi di lapangannya perlu didisiplinkan," lanjut Menkes seperti dikutip dari siaran di saluran Youtube Sekretariat Presiden.

Budi pun mengatakan bahwa Presiden sudah menugaskan Panglima TNI dan Kapolri untuk memastikan implementasi PPKM mikro di lapangan sudah sesuai dengan yang telah dirumuskan.

3 dari 4 halaman

Temuan Varian Delta

Menkes mengatakan bahwa dua hal tersebut penting untuk dilakukan. Hal ini karena di beberapa daerah seperti Kudus, Bangkalan, dan DKI Jakarta, sudah terkonfirmasi adanya varian Delta atau B.1617.2 yang mendominasi.

"Karena ini penularannya lebih cepat, walaupun tidak lebih mematikan, ini perlu benar-benar kedua hal tadi, dipercepat. Implementasi (protokol kesehatan) di lapangan dan akselerasi vaksinasi."

4 dari 4 halaman

Infografis Jakarta Terancam Genting Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.