Sukses

Tingkat Keterisian 100 RS COVID-19 di Jabar di Atas 70 Persen

Sepertiga dari 326 rumah sakit anggota Persi Jawa Barat terisi banyak pasien COVID-19.

Liputan6.com, Bandung Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (Persi) Jawa Barat menyebutkan sebanyak 100 rumah sakit mengalami peningkatan Bed Occupancy Rate (BOR) atau keterisian ranjang perawatan pasien COVID-19.

Menurut Wakil Ketua II Persi Jawa Barat Muhammad Iqbal, sepertiga dari 326 rumah sakit anggota Persi Jawa Barat terisi banyak pasien COVID-19.

"Kalau di Jawa Barat memang terutama yang cukup banyak itu di Bandung Raya okupansinya cukup tinggi. Rata - rata sih diatas 70 persen ya. Jadi Bandung kemudian Bekasi, Depok, yang cukup tinggi itu dan juga daerah Selatan. Garut dan Tasikmalaya itu juga cukup tinggi ya," ujar Iqbal kepada Liputan6.com.

Iqbal menegaskan hampir seluruh rumah sakit di wilayah Bandung Raya yaitu Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Cimahi, tingkat keterisian ranjang pasien COVID-19 dipastikan diatas 70 persen.

Namun kata Iqbal, ada pula sejumlah rumah sakit di beberapa daerah tidak mengalami kenaikan keterisian ranjang perawatan pasien COVID-19. Semisal di Majalengka dan Cirebon.

"Jadi ada sebagian daerah tertentu yang mengalami peningkatan pasien, tetapi di daerah lainnya peningkatan okupansi pasien tidak terlalu signifikan," kata Iqbal.

Iqbal menjelaskan keterisian ranjang pasien COVID-19 di wilayah Ciayumajakuning (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) hanya dibawah 50 persen.

 

Simak Juga Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Antisipasi Lonjakan Kasus

Anggota Persi Jawa Barat untuk penanganan kondisi darurat seperti lonjakan kasus saat ini. 

"Kami sebelumnya telah melakukan pelatihan sebagai langkah antisipasi adanya lonjakan pasien COVID-19. Sehingga jika ini terjadi, semuanya akan semaksimal mungkin ditangani," ucap Iqbal.

Sebelumnya pemerintah setempat seperti Pemerintah Jawa Barat dan Kota Bandung, menyatakan angka keterisian ranjang perawatan pasien COVID-19 menembus angka 70 persen. 

3 dari 3 halaman

Infografis 3 Manfaat Tidur Cukup Cegah Risiko Penularan Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.