Sukses

Mesir Mulai Produksi Lokal Vaksin Sinovac Akhir Juni Ini

Produksi lokal vaksin Sinovac menyusul kesepakatan antara Mesir dan Sinovac Biotech Ltd

Liputan6.com, Kairo - Mesir direncanakan akan memulai produksi lokal vaksin Sinovac batch pertama pada akhir Juni 2021. Begitu produksi batch pertama selesai, vaksin Corona tersebut akan dikirim ke Otoritas Obat Mesir untuk dianalisa.

Terkait pelaksanaan produksi vaksin Sinovac, Juru Bicara Kementerian Kesehatan dan Kependudukan, Khaled Mujahid, mengatakan, para ahli dari China saat ini sudah berada di Mesir.

Para ahli akan mengawasi proses manufaktur dan mentransfer keahlian ke Egyptian Holding Co. for Biological Products and Vaccine (VACSERA) dan Egyptian Drug Authority.

Menurut Khaled, seperti dikutip dari situs berita Arab News pada Jumat, 4 Juni 2021, Mesir adalah salah satu negara pertama di dunia yang memproduksi vaksin Sinovac menyusul kesepakatan yang dicapai pada April 2021.

Mesir telah sepakat dengan perusahaan biofarmasi dari China, Sinovac Biotech Ltd, untuk memproduksi vaksin COVID-19 hingga 60 juta dosis per tahun di Mesir. 

Kesepakatan tersebut diharapkan memermudah Mesir dalam upaya melaksanakan program vaksinasi COVID.

Khaled, mengatakan, uji klinis terhadap vaksin Sinovac telah dilakukan, dan harga pun telah ditetapkan dalam kesepakatan tersebut.

 

Simak Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mesir Akan Bangun Banyak Sentra Vaksinasi COVID-19

Kementerian Kesehatan Mesir disebut telah mengalokasikan lebih dari 400 pusat vaksinasi COVID-19 di seluruh penjuru dan mendesak semua warga, terutama orang tua dan populasi dengan riwayat penyakit kronis, untuk mendaftar guna memeroleh suntikan vaksin.

Pemerintah juga telah menyetujui 179 fasilitas baru sebagai tempat penyuntikan vaksin bagi mereka yang bekerja di luar negeri, dan telah mengajukan permintaan vaksinasi COVID.

Rincian lebih lanjut terkait lokasi atau sentra vaksinasi COVID-19 akan dibagikan di situs Kementerian Mesir guna memermudah prosesnya. Termasuk sertifikat vaksin untuk perjalanan juga sedang disiapkan.

Bahkan, Kementerian Kesehatan Mesir akan menyiapkan klinik medis keliling yang akan ditempatkan di depan kantor pos di semua provinsi, untuk memvaksinasi para pensiunan dari tanggal 1 hingga 10 setiap bulannya.

3 dari 3 halaman

Infografis Perbandingan Vaksin Sinovac dengan Vaksin COVID-19 AstraZeneca

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.