Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Alasan Wanita Penting Menyeka Vagina dari Depan ke Belakang

Bukan tak ada manfaatnya membersihkan vagina dengan teknik ini

Liputan6.com, Jakarta - Kaum wanita tentu sudah paham teknik menyeka vagina yang terbaik, yakni dari depan ke belakang. Namun, tahukah alasan teknik ini penting diterapkan?

Menyeka vagina dari depan ke belakang membantu wanita menjaga kesehatan liang sanggamanya.

Menurut Tamika K. Cross, seorang ob-gyn bersertifikat yang berbasis di Houston, teknik menyeka atau membasuh vagina ini ada hubungannya dengan mencegah perpindahan bakteri yang hidup di saluran kemih, vagina, dan sekitar anus.

"Saya pikir penting untuk mengetahui bahwa kita semua memiliki bakteri di dalam tubuh kita," kata Cross dikutip Pop Sugar.

Cross bilang, dalam tubuh manusia itu ada bakteri baik dan bakteri jahat. Bakteri yang hidup di vagina bukanlah bakteri yang sama yang ada di kandung kemih atau saluran kemih, dan itu bukan bakteri yang sama yang ada di rektum atau di sekitar anus.

Saat wanita menyeka atau membasuh dari belakang ke depan alias menggunakan metode yang tidak disarankan, maka wanita itu mungkin memindahkan bakteri yang berada di sekitar anus ke vagina atau uretra.

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teknik Bersihkan Vagina

Dijelaskan Mayo Clinic teknik ini dapat berkontribusi terhadap infeksi vagina dan infeksi saluran kemih, seperti ISK.

Inilah sebabnya mengapa menyeka dari depan ke belakang sangat sering ditekankan.

Penting juga untuk diingat bahwa vagina adalah organ yang membersihkan diri. Karena itu wanita tidak perlu membersihkan area internal.

Sedangkan untuk mandi dan membersihkan vulva, beberapa ahli mencatat bahwa wanita biasanya hanya membutuhkan air hangat atau air hangat dan sabun hipoalergenik bebas pewangi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.