Sukses

Hadapi Lonjakan COVID-19, Ganip Warsito: Sarana dan Obat RSD Wisma Atlet Siap hingga 2 Bulan ke Depan

Liputan6.com, Jakarta - Upaya hadapi lonjakan COVID-19, Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Ganip Warsito menegaskan persediaan sarana dan obat-obatan RS Darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran sudah siap hingga dua bulan ke depan.

Kesiapan personel, baik dokter dan tenaga medis juga ketersediaan tempat tidur di RSDC Wisma Atlet dinilai tidak ada masalah. Melihat hal ini, RSDC Wisma Atlet sudah siap menghadapi jika terjadi potensi kenaikan kasus COVID-19.

“Kesiapan personel tidak ada masalah, daya tampung bisa diantisipasi, sarana dan obat-obatan siap hingga dua bulan ke depan dan terus menerus akan ditambah mengikuti kondisi nantinya,” tegas Ganip saat meninjau RSDC Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, Rabu (26/5/2021).

Peninjauan tersebut dilakukan Ganip Warsito untuk memastikan kesiapan RSDC Wisma Atlet menghadapi kemungkinan melonjaknya pasien COVID-19 setelah libur Lebaran.

“Pengalaman yang lalu, sehabis libur panjang lonjakan kasus COVID-19 akan meningkat. Oleh karena itu, kehadiran saya ingin memastikan kesiapan, baik dari aspek personel maupun sarana dan prasarana pendukung lainnya,” lanjutnya dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Tinjau Ketersediaan Obat dan APD RSDC Wisma Atlet

Dalam kunjungan tersebut, Ganip Warsito memimpin rapat koordinasi penanganan COVID-19 dan meninjau ketersediaan obat, alat pelindung diri, dan personil yang bertugas. Ia didampingi Pangdam Jayakarta Mayjen TNI Dudung Abdurachman dan Mayjen TNI Tugas Ratmono selaku Koordinator RSDC Wisma Atlet.

Ganip yang baru dilantik sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada Selasa, 25 Mei 2021 juga berkeliling di sekitar Tower 1 RSDC untuk melihat sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Rumah Sakit Darurat tersebut.

Berdasarkan data per 26 Mei 2021, pasien COVID-19 yang rawat inap di Tower 4, 5, 6, dan 7 Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran Jakarta menjadi 1.511 orang. Jumlah tersebut naik dibandingkan data Selasa 25 Mei 2021, yang jumlahnya 1.393 orang.

Ada penambahan 118 pasien COVID-19 yang rawat inap di RSD Wisma Atlet Kemayoran dalam 24 jam terakhir.

"Pasien rawat inap saat ini terkonfirmasi positif terdiri dari 744 pria, 767 wanita," kata Kepala Penerangan Kogabwilhan-I Kolonel Marinir Aris Mudian, Rabu (26/5/2021).

Aris menjelaskan, sejak 23 Maret 2020 sampai 26 Mei 2021, pasien yang terdaftar di Tower 4, 5, 6 dan 7 RSD Wisma Atlet Kemayoran ada 84.773 orang. Pasien yang sudah keluar ada 83.262 orang.

3 dari 4 halaman

Infografis Ganip Warsito Kepala BNPB Baru

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: