Sukses

Imbau Disiplin Protokol Kesehatan, Dokter: Kecenderungan Kumpul-Kumpul Masih Tinggi

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat dengan usia yang lebih muda diingatkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan, demi mencegah orang yang lebih tua atau lansia, terinfeksi COVID-19.

"Satu dari tiga pasien COVID yang dirawat di rumah sakit adalah lansia," kata Dirga Sakti Rambe, spesialis penyakit dalam yang juga vaksinolog, dalam sebuah dialog virtual beberapa waktu lalu, ditulis Senin (19/4/2021).

Selain itu, satu dari tiga pasien terinfeksi virus corona yang meninggal dunia juga merupakan kelompok lansia.

"Tapi memang yang menjadi penular, biasanya kan yang muda-muda," kata Dirga. "Sekarang kecenderungan orang untuk kumpul-kumpul tuh masih tinggi lho," ia melanjutkan.

Dirga mencontohkan, saat ini masih banyak masyarakat yang berkumpul di restoran atau kafe, meski sudah ada imbauan untuk take away atau bawa pulang.

"Saya beberapa kali mengintip, kalau tempat makan ada outdoor ada indoor, kalau terjadi perubahan perilaku orang seharusnya memilih outdoor dulu. Jadi risikonya lebih rendah," kata Dirga.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengawasan Pemerintah Tak Boleh Lengah

Dirga menyebut bahwa hal-hal yang ia contohkan menunjukkan bahwa masih banyak orang lebih memilih kenyamanan daripada keselamatan. "Ini tanda bahwa sebetulnya perubahan perilaku kita belum terjadi secara konsisten."

Maka dari itu, semua pihak pun diminta untuk saling mengingatkan satu sama lain, soal kedisiplinan protokol kesehatan.

"Pemerintah juga membuat regulasi pembatasan-pembatasan, tetapi juga yang penting menurut saya pengawasan di lapangan tidak boleh lengah," kata Dirga.

"Ini tugas kita bersama. Kita tidak bisa cuma mengandalkan apalagi menyalahkan pemerintah. Kita sebagai warga masyarakat, warga negara, harus berpartisipasi dalam mengendalikan pandemi ini."

Dirga juga mengingatkan bahwa pandemi COVID-19 masih berlangsung. Negara-negara lain pun sedang menghadapi gelombang ketiga infeksi virus corona.

"Jangan karena kita situasinya membaik, kita lengah, lalu kita bisa terjadi seperti itu lagi," kata Dirga.

3 dari 3 halaman

Infografis 4 Tips Ciptakan Sirkulasi Udara di Ruangan Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.