Sukses

Kondisi Kesehatan Pangeran Philip, Suami Ratu Elizabeth II Sebelum Meninggal Dunia

Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip meninggal dunia pada usia 99 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Suami Ratu Elizabeth II, Pangeran Philip meninggal dunia pada usia 99 pagi tadi, waktu Inggris. Kabar duka cita ini disampaikan pihak Istana Buckingham.

"Dengan kesedihan mendalam Yang Mulia ratu mengumumkan bahwa sang suami tercinta meninggal dunia, Yang Mulia Pangeran Philip," kata pihak Istana Buckingham dalam sebuah pernyataan.

"Yang Mulia meninggal dengan damai pagi ini di Kastil Windsor," lanjut pihak Istana Buckhingham mengutip BBC.

Sebelum meninggal dunia, pria yang menikahi Ratu Elizabeth pada 1947 ini satu bulan sebelumnya menjalani perawatan di rumah sakit. Pihak Istana menyampaikan pada saat itu Pangeran Phillip menjalani sebuah prosedur atas kondisi jantung yang memang sebelumnya sudah ada.

Saat itu sekitar sebulan lamanya dia dirawat di rumah sakit King Edward VII yang berada di tengah kota London. Ia masuk rumah sakit karena kondisi tidak sehat pada 16 Februari 2021.

Setelah menjalani perawatan prosedur jantung rumah sakit Bartholomew's, ia dirawat kembali di rumah sakit King Edward VII. Kemudian, pada 16 Maret  2021 sudah kembali ke kediamannya di Kastil Windsor.

"Yang Mulia telah menjalani perawatan untuk infeksi dan prosedur yang sudah ada sebelumnya. Yang Mulia ingin berterima kasih kepada semua staf medis yang menjaganya," kata Istana Buckhingham saat itu.

Putra tertua Pangeran Phillip dan Ratu Elizabeth, Pangeran Charles dalam sebuah kesempatan di acara vaksinasi COVID-19 mengatakan sangat senang ayahnya sudah kembali pulang ke rumah. "Itu merupakan kabar yang amat bagus," kata Pangeran Charles.

Saat masih hidup Pangeran Phillip pernah mendapatkan beberapa perawatan kesehatan. Diantaranya pernah mengalami infeksi kandung kemih pada 2012 lalu menjalani operasi perut pada Juni 2013.

  

 

Saksikan juga video berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Varian Baru Virus Corona Hantui Inggris

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.