Sukses

Virolog: Vaksin AstraZeneca Tidak Mengandung Babi

Ahli virologi (virolog) Anita Artarini mengungkapkan bahwa produk jadi vaksin AstraZeneca tidak mengandung babi.

Liputan6.com, Jakarta - Ahli virologi (virolog) Anita Artarini mengungkapkan bahwa produk jadi vaksin AstraZeneca tidak mengandung babi. Anita mengatakan proses produksi vaksin AstraZeneca tidak menggunakan bahan yang merupakan turunan babi.

“Pihak AstraZeneca tidak menggunakan tripsin hewani pada produksinya,” ungkap dosen Sekolah Farmasi Institut Teknologi Bandung tersebut.

Ia menjelaskan bahwa dalam proses produksi vaksin Oxford-AstraZeneca, menggunakan enzim TryPLE yang bekerja mirip seperti tripsin. Namun, enzim ini dibuat secara rekombinan dari jamur dan tidak menggunakan tripsin babi.

Simak Juga Video Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tripsin Untuk ‘Menggunting’ Sel

AstraZeneca membeli sel HEK 293 sebagai sel inang dari adenovirus dari Thermo Fisher. Sel ini menempel di wadah plat dan untuk melepaskannya menggunakan enzim tripsin. 

“Untuk memindahkannya diperlukan tripsin yang sifatnya seperti gunting. Kalau sel ini kena tripsin, dia akan mengambang di medianya sehingga bisa dipindahkan,” kata Anita dalam sebuah webinar baru-baru ini.

Anita menyebut tripsin hanya digunakan untuk mengangkat sel dari wadahnya dan sel tidak bisa bercampur dengan tripsin dalam waktu yang lama.

Dalam pemaparannya, Anita menjelaskan bahwa Thermo Fisher mencuci sel tersebut, disentrifugal dengan medium cair untuk menghilangkan tripsin kemudian kembali ditambahkan medium cair sehingga sel berada dalam larutan suspensi. 

Selanjutnya, dalam proses produksi vaksin AstraZeneca yang dilakukan Oxford-AstraZeneca, sel diperbanyak dan untuk melepaskannya dari pelat digunakan enzim TryPLE. Setelah itu, dilakukan proses pencucian, sentrifugal, dan penambahan medium DMEM, serta diinkubasi.

 

Penulis: Abel Pramudya Nugrahadi

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin Palsu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.