Sukses

Jalin Kerja Sama RS Terbaik Dunia, Menkes Budi: Harus Ada Pertukaran Dokter

Liputan6.com, Jakarta - Upaya jalin kerja sama dengan Rumah Sakit (RS) terbaik dunia, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menyampaikan harus ada pertukaran dokter. Dalam hal ini, dokter-dokter di Indonesia, khususnya spesialis dapat bertukar masuk ke rumah sakit universitas terbaik dunia.

Saat Rapat Koordinasi Badan Layanan Umum (BLU) 2021, Budi Gunadi akan mendiskusikannya dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani agar pertukaran dokter dapat difasilitasi oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

"Kita harus ada kerja sama pertukaran dokter. Nanti Saya akan menghadap Ibu Mulyani, akan minta fasilitasnya lewat LPDP. Boleh enggak kalau dokter-dokter spesialis yang menangani penyakit-penyakit dengan angka kematian tinggi di Indonesia (kanker, jantung) itu dikirim," terang Budi, ditulis Minggu, 21 Maret 2021.

"Ya, biar bisa dapat bantuan dari LPDP, tapi (dikirim) harus ke Top Hospital University in The World (Rumah Sakit Universitas Terbaik di Dunia)."

Selain itu, rumah sakit di Indonesia, terutama rumah sakit milik pemerintah juga didorong bekerja sama dengan fasilitas pelayanan pelayanan kesehatan terbaik dunia.

"Saya akan dorong lagi, mau lihat nama-nama rumah sakit kita yang kerja sama dengan rumah sakit global. Itu harus Top Healthcare in The World," imbuh Budi Gunadi.

Misalnya, kalau soal cancer (kanker), fasilitas kesehatan mana saja yang the best in the world (terbaik di dunia). Nah, ada Anderson Hospital di Amerika Serikat untuk cancer."

2 dari 4 halaman

Kerjasama RS dengan Pusat Layanan Kesehatan Terbaik Dunia

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, berikut ini beberapa contoh rumah sakit di Indonesia yang bekerja sama dengan World Top Healthcare Center (Pusat Layanan Kesehatan Terbaik Dunia):

RS Kanker Dharmais

- Asian National Cancer Center Alliance (ANCCA)

- National Cancer Center Japan

- National Cancer Center Korea

- National Cancer Center Singapore

- Peter MacCallum Cancer Center, Australia

RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita

- Clinica San Nicholas, Argentina

- National Taiwan University Hospital

- Shonan Kamakura General Hospital

- Tokushukai Medical Corporation

- University Medical Center Utrecht, Belanda

RSUP dr Sardjito

- Kyoto University Hospital

- National Taiwan University Hospital

- Princes Maxima Center, Belanda

- St. Jude Children's Research Hospital, USA

- Zheijang University School of Medicine, China

3 dari 4 halaman

Infografis Hidup Sehat Hindari Kanker

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: