Sukses

Stop Merokok Bisa dengan Makan Pisang

Liputan6.com, Singapura: Pisang menjadi camilan yang enak disantap kapan pun dan di mana pun. Selain mudah didapat, buah-buahan berkulit kuning itu memiliki rasa yang khas untuk dinikmati semua orang di seluruh dunia.

Banyak manfaat dari pisang yang tidak kita sadari. Misalnya saja melimpahnya vitamin B dan mineral lainnya bisa membantu Anda berhenti merokok.

Si pisang bisa membantu mengatasi stres akibat menarik diri dari nikotin, baik secara fisik maupun psikologis.

Anda yang ingin berhenti merokok tampaknya bagus memasukkan pisang di dalam diet keseharian Anda. Selain bagus untuk berhenti merokok, pisang juga bisa bisa mengobati sindrom pramenstruasi. Pasalnya pisang bisa mengatur kadar glukosa darah dan menekati suasana hati yang membandel.

Dengan demikian, ketika Anda dihadapkan dengan situasi yang stres, Anda bisa mencoba pisang selain beristirahat.

Berikut 10 manfaat kesehatan yang luar biasa dari pisang seperti dikutip laman YourHealth, Rabu (31/10):

1. Memberi Anda dorongan energi


Pisang adalah salah satu makanan terbaik di dunia yang memasok bahan bakar energi. Pisang menyediakan karbohidrat yang tepat untuk menggantikan glikogen otot (gula otot) yang digunakan.

2. Kesehatan usus


Anda merasa kembung? Inilah tips cepatnya, makan pisang yang bisa membersihkan usus dengan cepat mengeluarkannya. Pisang tinggi serat yang yang bisa mencegah sembelit dan bertindak sebagai pencahar alami untuk memudahkan fungsi usus yang sesak.

3. Fungsi tubuh sehat

Pisang tinggi kalium, pisang membantu sistem sirkulasi tubuh dengan memberikan oksigen ke otak. Ini juga membantu menjaga detak jantung secara teratur, dengan menjaga tekanan darah pada tingkat normal. Diet dengan banyak kalium juga mengurangi risiko stroke.

4. Merasa sedih, makan pisang


Jika Anda murung, tersenyum mungkin dengan mudah didapat hanya dengan pisang dan produknya. Bisa jadi itu karena pisang merupakan makanan pencuci mulut yang lezat. Tapi ada juga sisi ilmiah.

Pisang melepaskan zat yang mengatur suasana hati yang tryptophan, yang diubah menjadi serotonin di otak. Bahkan beberapa dukun dan penyembuh alami percaya bahwa depresi, kecemasan, dan impulsif dapat mereda dengan meningkatkan diet tryptophan.

5. Meningkatkan kekuatan otak


Tryptophan juga telah dikaitkan dengan membantu dalam tugas-tugas mental. Beberapa penelitian mengatakan bahwa seiring dengan kolin, asam amino lainnya, triptofan meningkatkan aktivitas otak, mood tinggi, dan peningkatan kemampuan untuk konsentrasi. Buah dengan kandungan kalium tinggi juga membantu belajar karena membuat siswa semakin waspada. Siswa mengklaim bahwa mereka berbuat lebih baik dalam ujian ketika mereka makan pisang saat sarapan dan makan siang.

6. Membantu orang berhenti merokok


7. Membantu dalam PMS


Pisang mengandung vitamin B6. Vitamin ini mengatur kadar glukosa darah dan membantu kita pada saat stres. Ini juga dipercaya dapat membantu menekan perasaan mudah tersinggung dan kemurungan.

8. Sifat melawan kanker

Ketika memilih pisang, lebih baik memilih yang berbintik-bintik coklat. Bercak gelap itu berasal dari zat yang disebut Tumor Necrosis Factor (TNF) yang memerangi sel-sel abnormal dalam tubuh. Semakin banyak bercak gelap di kulit, semakin tinggi kualitas anti-kankernya.

9. Kaya akan zat besi


Pisang merupakan sumber yang kaya zat besi yang dapat membantu orang yang menderita anemia. Besi pada makanan seperti pisang bisa membantu merangsang produksi hemoglobin dalam darah.

10. Untuk memutihkan gigi Anda


Bagian dalam kulit pisang dapat digunakan sebagai pemutih gigi lembut. Ambil sepotong bagian dalam pisang dan oleskan dengan lembut pada gigi Anda selama sekitar 2 menit.

Mineral yang menakjubkan di kulitnya seperti kalium, magnesium, dan mangan menyerap ke dalam gigi Anda dan memutihkannya.(MEL)

    Loading