Sukses

1 Juta Kasus COVID-19 di Indonesia, Menkes: Kita Harus Bekerja Ekstra Keras Landaikan Penularan

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan bahwa dengan tembusnya satu juta kasus positif COVID-19 di Indonesia, semua pihak harus bekerja "sangat keras" untuk mengurangi laju penularan virus corona.

"Ada dua hal yang harus kita lakukan bersama-sama. Ada dua hal yang kita harus kerja keras, sangat keras, ekstra keras bersama-sama," kata Menkes Budi Gunadi dalam konferensi persnya dari Istana Kepresidenan Jakarta pada Selasa (26/1/2021) sore.

Yang pertama adalah tetap disiplin memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

"Ini sangat susah dan tidak bisa dilakukan seorang diri, oleh pemerintah, tanpa bersama-sama rakyat, seluruh komponen bangsa membangun gerakan disiplin ini," Budi berujar.

Mantan Wakil Menteri BUMN itu menambahkan bahwa kehidupan pascapandemi dan sebelum pandemi COVID-19 akan berbeda.

"Kita harus memastikan, kita harus bekerja keras, mengingatkan diri kita sendiri, mengingatkan teman-teman kita, mengingatkan keluarga kita dan seluruh rakyat yang ada di lingkungan kita, agar kita disiplin protokol kesehatan."

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 4 halaman

Kemenkes akan Bekerja Sangat Keras

Hal kedua yang harus dilakukan adalah testing, tracing, dan isolasi. Budi mengingatkan bahwa hal itu adalah tanggung jawab Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Budi mengatakan, tanggung jawab Kemenkes adalah memastikan berjalannya program testing dari masyarakat yang diduga terkena COVID-19, tracing atau pelacakan kontak erat pasien positif, dan menyiapkan tempat isolasi yang nyaman agar pasien bisa sembuh tanpa menulari orang lain.

"Kami di Kementerian Kesehatan akan bekerja keras, sangat keras, untuk memastikan bahwa program testing, program tracing atau pelacakan, dan program isolasi bisa kita lakukan dan eksekusi dengan baik."

"Tujuannya hanya satu: mengurangi laju penularan. Flattening the curve."

Adapun, kasus COVID-19 terkonfirmasi hari ini menembus sejuta atau tepatnya 1.012.350 usai penambahan 13.094, dengan kasus aktif hari ini sebanyak 163.526.

Sebanyak 10.868 kesembuhan dari virus corona dilaporkan hari ini sehingga total menjadi 820.356 dan kasus meninggal dunia bertambah 336 sehingga kasus COVID-19 meninggal dunia keseluruhan hari ini mencapai 28.468.

3 dari 4 halaman

Infografis 3M Turunkan Risiko Covid-19 Berapa Persen?

4 dari 4 halaman

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini