Sukses

Wamenkes: Kekebalan Akan Terbentuk Setelah 2 hingga 6 Minggu Pasca-Vaksinasi

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono menjalani vaksinasi COVID-19 di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Kamis (14/1/2021).

Dalam sambutannya, Dante menyampaikan bahwa kekebalan yang ditimbulkan vaksin tidak akan terbentuk pada hari itu juga. Kekebalan tersebut baru akan terbentuk setelah dua hingga 6 minggu pasca-vaksinasi.

“Vaksinasi ini karena dilakukan bertahap jadi tidak akan mungkin membentuk kekebalan saat itu juga, kekebalan ini akan tercipta setelah dua hingga enam minggu pasca penyuntikan yang kedua,” ujar Dante dalam siaran langsung YouTube Kementerian Kesehatan, Kamis (14/1/2021).

Oleh karena itu, walau sudah disuntik, lanjut Dante, namun masyarakat, tokoh publik, serta tenaga medis tetap harus melaksanakan protokol kesehatan.

“Yaitu menjaga jarak, mencuci tangan, memakai masker, serta menjauhi kerumunan.”

Ia berharap dengan melaksanakan kegiatan vaksinasi ini, Indonesia dapat memperoleh herd immunity setelah 70 persen masyarakat divaksinasi.

“Mudah-mudahan ini berjalan lancar, tentu butuh dukungan dari teman-teman semuanya sehingga kita bisa menciptakan Indonesia sehat kembali.” 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

2 dari 3 halaman

Infografis 10 Tips Sehat dan Sembuh dari COVID-19

3 dari 3 halaman

Simak Video Berikut Ini: