Sukses

Vaksinasi COVID-19 Perdana Presiden Jadi Trending Topic di Media Sosial

Liputan6.com, Jakarta Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi mendapatkan vaksin pertama COVID-19, hal ini menjadi momen bersejarah bagi Indonesia pasalnya vaksinasi COVID-19 telah dinantikan sejak awal terjadinya pandemi.

Menurut pantauan praktisi komunikasi Iwan Setyawan di media sosial, tanggapan masyarakat atau warganet terkait vaksinasi perdana ini sangat antusias. Bahkan, ia yakin momen ini akan menjadi trending topic.

“Ini momen yang sangat dinantikan saya yakin akan menjadi trending topic,” ujar Iwan dalam siaran langsung breaking news Liputan6.com, Rabu (13/1/2021).

Setelah, vaksinasi dilakukan pada pukul 9.42 WIB, perkiraan trending topic pun benar terjadi. Dari komentar-komentar di media sosial, warganet kebanyakan memberikan komentar positif.

Mulai dari ucapan selamat, doa, bahkan komentar humor seperti menyarankan Presiden Jokowi untuk diberi bubur kacang hijau setelah disuntik.

2 dari 4 halaman

4 Topik Bahasan Utama di Media Sosial

Iwan juga menyampaikan, ada 4 topik utama yang paling banyak dibahas warganet di media sosial. 4 topik tersebut yakni keamanan, kehalalan, harga, dan distribusi.

“Banyak yang mempertanyakan apakah vaksin ini aman, kemudian tentang kehalalan, setelah itu harga dan baru distribusi.”

Bahasan tentang harga sebelumnya sangat ramai diperbincangkan namun setelah pemerintah memutuskan untuk menggratiskan vaksin bahasan tentang harga pun meredup.

Sedangkan, bahasan tentang keamanan juga sempat menjadi perbincangan hangat mengingat ini adalah vaksinasi pertama COVID-19 di Indonesia. Namun, pertanyaan tentang ini sudah terjawab oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dengan dikeluarkannya otorisasi penggunaan darurat (EUA).

Pertanyaan-pertanyaan tentang kehalalan pun sudah dijawab dengan terbitnya fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) tentang kehalalan vaksin Sinovac.

Walau demikian, masih ada orang yang ragu dengan vaksinasi COVID-19. Maka dari itu, lanjut Iwan, kehadiran Presiden sebagai orang pertama yang menerima vaksin adalah simbol komunikasi yang sederhana namun power full.

3 dari 4 halaman

Infografis 4 Manfaat Penting Vaksinasi COVID-19

4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini: