Sukses

Usir Nyeri Sendi dengan Enam Makanan Ini

Liputan6.com, Jakarta: Anda pasti pernah mendengar "You are what you eat". Apapun yang Anda makan akan mempengaruhi kesehatan Anda baik secara positif maupun negatif. Dengan memilih makanan yang tepat Anda juga bisa mengurangi nyeri sendi.

Nyeri sendi biasanya masalah kesehatan yang dihadapi mereka di akhir usia 30 tahun. Nyeri sendi bisa terjadi di lutut, siku, leher, bahu, dan pinggul. Selain latihan, Anda harus mengonsumsi makanan sehat dan bergizi yang bisa mengurangi rasa sakit. Berikut enam makanan terbaik yang bisa mengurangi rasa sendi, Jumat (12/10):

1. Salmon: ikan ini kaya akan asam lemak Omega-3. Sertakan salmon dalam diet harian Anda untuk menyembuhkan nyeri sendi. Kandungan ini bisa mengurangi peradangan yang menjadi penyebab umum nyeri sendi. Seafood lainnya yang kaya asam lemak Omega-3.

2. Berry: Stroberi dan blueberry adalah makanan yang paling efektif membantu mengurangi nyeri sendi. Menurut Journal of American College of Nutrition, stroberi dan berry lainnya mengurangi protein C-reaktif yang menyebabkan peradangan dan nyeri sendi. Selain itu, antioksidan pada buah, khususnya bioflavonoid yang dikenal sebagai quercetin dan anthocyanidins bisa mengurangi sebagian besar nyeri sendi.

3. Sayuran: Ketidakseimbangan dalam asam lemak Omega-3 dapat menyebabkan nyeri sendi. Jadi menyeimbangkan asupan asam lemak Omega-3 dengaan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, bawang, jahet. Hindari karbohidrat olahan seperti pasta, roti, gorengan, baka-bakaran, dan junk food untuk mengurangi nyeri sendi.

4. Kacang-kacangan: Almond, kenari, dan beberapa biji-bijian seperti biji labu merupakan sumber yang baik dari asam lemak omega-3 dan antioksidan yang mengurangi peradangan dan nyeri sendi. Anda lebih baik mengunyah camilan sehat ini daripada junk food.

5. Minyak zaitun: Ada banyak manfaat kesehatan dari minyak zaitun. Minyak ini kaya akan antioksidan, rendah kalori, dan lemak. Dengan demikian minyak ini baik untuk kolesterol, jantung, dan tulang. Minyak zaitun mengurangi peradangan, nyeri sendi dan juga membantu menurunkan berat badan. Apa yang Anda tunggu? Gunakan minyak zaitun untuk memasak.

6. Jus jeruk: Menurut peneliti, asupan Vitamin C yang tepat bisa mencegah seseorang dari degenerasi tulang, penyebab nyeri sendi belakang.

Anda yang ingin mengusir rasa nyeri sendi bisa mencoba mengonsumsi makanan di atas. Jika Anda mempunyai waktu, jangan lupa berjalan atau jogging secara teratur. Latihan yang efektif bisa mengontrol berat badan yang menjadi alasan di balik nyeri sendi lutut. Dehidrasi juga menjadi penyebab lain dari nyari sendi, jadi pastikan Anda minum banyak air.(boldsky/MEL)
    Loading