Sukses

Saran Dokter bagi Penyintas COVID-19: Makan Buah dan Sayur, Setop Merokok

Berikut ini saran dokter agar penyintas COVID-19 tetap bisa menjaga kesehatannya jika sudah dinyatakan terbebas dari virus corona

Liputan6.com, Jakarta Setelah dinyatakan sembuh dari virus corona, penyintas COVID-19 tetap harus menjaga kesehatannya. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan menghindari merokok.

Isman Firdaus, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia mengatakan, dari sisi makanan, penyintas COVID-19 tetap harus mengonsumsi 4 sehat 5 sempurna.

"Tentunya diusahakan ada 5 porsi buah dan sayur," kata Isman dalam dialog dari Graha BNPB, Jakarta beberapa waktu lalu, ditulis Minggu (6/12/2020).

Isman menyarankan agar seseorang menyelipkan sayur dan buah di menu makannya sehari-hari. Misalnya setiap pagi siapkan sayur untuk sarapan, lalu siang hari jangan lupa untuk mengonsumsi buah dan sayuran, termasuk di sore hari.

Tidak lupa, Isman mengatakan bahwa penyintas COVID-19 tetap harus mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan nutrisi lainnya agar tetap sehat.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

 

 

 

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Setop Merokok

Selain makan, Isman menegaskan bahwa ketika sembuh dari COVID-19, seseorang harus segera berhenti merokok.

"Pasien COVID-19 yang tadinya merokok harus setop merokok," ujarnya.

Menurut Isman, kebiasaan merokok wajib dihentikan karena bisa membuat seseorang terkena COVID-19 untuk kedua kalinya, serta memperburuk kondisi tersebut.

Sementara untuk berolahraga, Isman menyarankan agar penyintas COVID-19 yang baru saja kembali ke rumah usai perawatan, untuk melakukan aktivitas aerobik yang ringan. Hindarilah olahraga yang berintensitas tinggi.

Beberapa olahraga aerobik yang disarankan seperti jalan pagi, bersepeda, atau jalan cepat. Namun, aktivitas fisik dapat mulai ditingkatkan secara bertahap pabila tubuh sudah bisa menyesuaikan diri tanpa terjadi gejala-gejala tertentu.

"Jadi positive thinking, semangat, bahwa kita ini insyaallah baik-baik saja," ujarnya. "Jangan lupa kalau ada alarm gejala seperti kalau sudah sebulan tetapi masih merasa tidak enak, itu cek ke dokter."

3 dari 3 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.