Sukses

Dokter Sarankan Ambil Foto Tubuh Sebelum Diet, Untuk Apa?

Seseorang yang hendak menjalani diet untuk menurunkan berat badan dianjurkan mengambil foto tubuh sendiri sebelum memulainya.

Liputan6.com, Jakarta - Demi menjaga kesehatan dan menurunkan berat badan, sebagian orang memutuskan untuk mengambil program diet. Namun, Ingat, diet tidak boleh dilakukan sembarangan dan perlu persiapan agar bisa berjalan maksimal.

Salah satu hal yang dapat dilakukan dalam tahap persiapan saat hendak diet adalah mengambil foto seluruh tubuh dari kepala hingga kaki. Pengambilan foto bisa dilakukan mulai dari tampak depan hingga tampak samping.

Dokter Ahli Nutrisi dari Apotek Gading Batam Center, Dion Haryadi, menyarankan, ketika hendak mengambil foto, pria dapat membuka baju agar kondisi tubuh sebelum diet bisa terlihat dengan jelas.

“Bagi perempuan mungkin bisa menggunakan sport bra atau kaos yang penting bentuk tubuhnya terlihat,” ujar Dion dalam saluran YouTube pribadinya The Doctor’s Diet dikutip pada Sabtu, 28 November 2020.

Pengambilan foto sebelum diet ini tidak serta merta dilakukan tanpa tujuan. Foto yang dihasilkan dapat digunakan sebagai alat pembanding untuk melihat perkembangan tubuh setelah mengubah pola makan sehari-hari.

“Jadi, kita ada patokan, minggu depannya atau bulan depannya kita bisa lihat perubahannya di mana saja,” kata Dion.

Saat pengambilan foto ketika hendak diet, lanjut Dion, perut tidak perlu dikembang-kempiskan yang penting tubuh dalam keadaan tegak.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sebagai Alat Evaluasi Ketika Diet

Foto tampak depan dan samping yang sudah diambil sebelum program diet berfungsi sebagai alat evaluasi di kemudian hari.

“Proses evaluasi ini akan Anda ulangi setidaknya bulan depan. Pengambilan foto bisa dilakukan setiap bulan tidak perlu terlalu sering,” kata Dion.

Dengan foto tersebut, Dion, menambahkan, orang akan mengetahui manfaat dari diet yang dijalani. Dari foto akan terlihat bagian tubuh mana saja yang telah berubah.

“Apa perubahannya terlalu ekstrem atau pas,” ujarnya.

Selain berfungsi untuk mengetahui perubahan yang dialami tubuh selama program diet, foto tubuh juga dapat menjadi alat memotivasi diri agar dapat terus melakukan diet secara maksimal.

3 dari 3 halaman

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.