Sukses

Redakan Nyeri Haid hingga Tenangkan Pikiran, Berikut 4 Khasiat Teh Kamomil

Liputan6.com, Jakarta Menenggak secangkir teh chamomile (kamomil) akan membuat tubuh merasa lebih rileks. Namun, bukan hanya mempunyai efek menenangkan. Teh varian satu ini memiliki khasiat yang benar-benar membantu meningkatkan kesehatan tubuh.

Dilansir dari Insider, berikut adalah empat manfaat teh chamomile yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh manusia.

1. Meningkatkan kualitas tidur

Teh kamomil telah lama digunakan untuk mengatasi insomnia. Itu karena chamomile mengandung apigenin, yang merupakan flavonoid. Flavonoid adalah senyawa kimia yang memberi warna pada tanaman dan kaya dengan antioksidan, membantu tubuh Anda melawan racun.

Apigenin menempel pada reseptor GABA di otak. Reseptor GABA adalah reseptor yang sama dengan resep obat anti kecemasan, yang disebut benzodiazepine. Jadi sama halnya dengan obat anticemas, teh chamomile bisa membuat Anda merasa tenang.

Sebuah studi kecil tahun 2015 yang meneliti wanita pasca persalinan dengan pola tidur yang buruk menunjukkan bahwa teh chamomile memang berfungsi membantu agar bisa tidur lebih lelap. 

Hal ini membuat para peneliti menyimpulkan bahwa teh chamomile dapat digunakan membantu agar bisa tidur, tetapi tidak sebagai pengganti jika diperlukan perawatan yang lebih serius.

2 dari 5 halaman

2. Mendukung Kesehatan Tulang

Ada beberapa bukti bahwa teh chamomile mendukung kesehatan tulang. Lisa Richards, konsultan nutrisi bersertifikat, mengatakan bahwa flavonoid dalam chamomile membantu tulang memperbaiki diri dan tumbuh. Ini juga dapat membantu mengatur aktivitas pembentukan tulang yang sehat.

Temuan ini mungkin sangat berdampak bagi wanita yang rentan terhadap osteoporosis saat mereka mencapai menopause, estrogen menurun, dan massa tulang hilang. Sebuah studi kimia makanan tahun 2004 menunjukkan bahwa tubuh mengenali chamomile hampir seperti estrogen, dan chamomile mungkin memiliki kemampuan untuk merangsang sel-sel pembangun tulang. Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan.

3 dari 5 halaman

3. Membantu Meredakan Nyeri Haid

Dismenore atau yang biasa disebut nyeri haid dapat menyerang hingga 93 persen wanita selama hidup mereka. Teh chamomile bisa menjadi salah satu jalan meredakan keram ini.

Monica Auslander Moreno, ahli gizi di Essence Nutrition di Miami mengatakan bahwa minuman hangat dan menenangkan dapat menghilangkan rasa sakit. Tetapi chamomile lebih baik karena seperti mint dan herbal lainnya, chamomile memiliki khasiat yang meredakan kejang otot.

4 dari 5 halaman

4. Membantu Mengatasi Kecemasan

Sebuah studi tahun 2016 membuktikan beberapa temuan. Peserta dengan gangguan kecemasan umum (GAD) mengambil 500 mg dosis chamomile tingkat farmasi tiga kali per hari dalam uji coba kontrol acak tersamar ganda. Para peneliti menemukan bahwa chamomile secara signifikan mengurangi gejala GAD mereka termasuk kegugupan, depresi, peningkatan detak jantung, masalah pencernaan, dan insomnia.

Richards juga mengatakan bahwa mereka dengan GAD mungkin memiliki jumlah reseptor GABA yang berkurang, dan chamomile tidak hanya mengikat reseptor yang ada, tetapi membuatnya bekerja lebih efisien.

Moreno menekankan bahwa mengobati GAD dengan teh chamomile adalah strategi berisiko rendah dan manfaat tinggi.

"Minum ini tidak akan menghilangkan kekhawatiran Anda, tapi tidak ada yang salah dengan secangkir teh yang enak." 

 

 

(Vania Accalia)

5 dari 5 halaman

Infografis