Sukses

Teman Bepergian Favorit Kamala Harris, Sepasang Sneakers Converse

Dalam sebuah wawancara, Kamala Harris mengatakan punya berbagai tipe sneakers keluaran Converse dan dipilihnya sebagai airport fashion.

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran Kamala Harris sebagai Wakil Presiden mendampingi Presiden Terpilih Amerika Serikat Joe Biden seperti membawa suasana baru bagi pemerintahan Negeri Paman Sam. Kamala menjadi sosok wanita pertama yang menduduki jabatan wakil presiden, lebih dari itu, dia berasal dari keluarga imigran berdarah Jamaika-India.

Tak hanya sosoknya yang "berbeda" yang menjadi sorotan, gaya berbusananya pun demikian. Hal tersebut tak lepas dari fakta bahwa, bagi politikus, fashion merupakan bagian dari komunikasi politik.

Bukan rahasia lagi bahwa Kamala Harris sangat gemar mengenakan sneakers. Dia kerap terlihat berkunjung ke beberapa negara bagian dengan mengenakan sneakers Chuck Taylor. Yang paling menyorot perhatian yakni ketika Kamala berada di Milwaukee mengenakan sepasang sneakers hitam All-Stars low-rise. Video yang menampilkan gaya tak biasa sang senator itu ditonton sekitar 5.6 juta kali.

"Gaya berbusana dalam politik ini juga berkaitan dengan pesan politis seorang pemimpin," ujar penata gaya bagi para politikus Lauren Rothman yang berbasis di Washington D.C, mengutip laman Elle.

Menurut Rothman, gaya berbusana yang tampak lebih santai/kasual seperti lengan digulung, bahan yang tidak mudah kusut, dan masker menjadi sinyal baru perubahan gaya berpakaian sekitar Capitol Hill, area pusat pemerintahan AS. Demikian pula dengan sepatu.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jadi Lebih Disukai

Rothman mengatakan, Kamala Harris yang kerap tampil mengenakan sneakers mencerminkan kepercayaan diri dan membuatnya lebih akrab dengan masyarakat.

"Kecintaannya pada brand Amerika ikonik dan terjangkau ini jelas dan sneakers meningkatkan faktor untuknya lebih disukai selama masa yang benar-benar menantang ini," Rothman menilai.

Kesukaan Kamala Harris terhadap sneakers turut mencetak sejarah. Sebelumnya, tak pernah ada politikus wanita yang begitu terbuka mengenakan sepatu kasual dalam gaya berbusananya.

"Foto-fotonya yang menunjukkan dia mengenakan Converse selama bertahun-tahun, menunjukkan bahwa dia mengkurasi koleksinya dan bisa mengenakannya untuk gaya hidupnya," jelas Rothman.

"Tak mudah mendaki perbukitan di San Francisco dengan sepatu berhak tinggi. Sepatu sneakersnya merupakan pilihan tepat yang menunjukkan pilihan gaya pribadinya yang selaras dengan lingkungannya."

3 dari 4 halaman

Mengoleksi Sneakers Converse

Kamala Harris secara terbuka mengakui mengoleksi sepatu sneakers pada laman The Cut. Dalam sebuah wawancara, dia mengatakan punya berbagai tipe sneakers keluaran Converse dan dipilihkan sebagai airport fashion.

"Aku ke airport mengenakan sneakers Converse-ku. AKu punya seluruh koleksi Chuck Taylors: sepasang berahan kulit warna hitam, sepasang warna putih, aku punya yang tanpa tali, ada yang dengan tali, yang kupakai ketika musim panas, yang kupakai ketika musim dingin, serta model platform yang kukenakan saat memakai pantsuit," tuturnya.

"Saat bepergian, aku sekalau membawa kaos kaki dan scarf untuk dililitkan di leher karena sangat dingin di pesawat," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.