Sukses

Menguak Fakta dari 11 Mitos Tersering tentang Kesehatan Mental

Setelah berabad-abad dikesampingkan, topik kesehatan mental secara bertahap menerima lebih banyak perhatian. Namun, masih banyak mitos yang bertahan. Di sini, kami membahas 11 kesalahpahaman umum yang ada.

Liputan6.com, Jakarta Setelah berabad-abad dikesampingkan, topik kesehatan mental secara bertahap mendapat lebih banyak perhatian. Meski topik ini mendapat perhatian dan penelitian yang semakin meningkat, masih banyak mitos dan kesalahpahaman terkait kesehatan mental.

Di masa lalu, masyarakat biasanya menjauhi orang dengan kondisi mental yang tidak sehat. Beberapa orang percaya bahwa roh jahat atau pembalasan Ilahi bertanggung jawab atas penyakit mental. Di zaman modern seperti sekarang, masih ada juga yang meyakini hal itu.

Mengatasi ketidakbenaran dan kurang informasi yang berkaitan dengan kesehatan mental,  berikut 11 mitos beserta fakta seputar kesehatan mental dilansir Medical News Today.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 12 halaman

1. Masalah Kesehatan Mental Jarang Terjadi

Bahkan sebelum pandemi COVID-19, pernyataan di atas tidak benar. Pada tahun 2001, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa 1 dari 4 orang di dunia akan terpengaruh oleh gangguan mental atau neurologis pada suatu saat dalam hidup mereka.Faktanya saat ini 450 juta orang mengalami kondisi seperti itu.

 Salah satu gangguan kesehatan mental yang paling umum adalah depresi, mempengaruhi lebih dari 264 juta orang di seluruh dunia pada tahun 2017. Sebuah studi dari Amerika menyimpulkan bahwa jumlah orang dewasa yang mengalami depresi meningkat tiga kali lipat selama pandemi.

 

3 dari 12 halaman

2. Serangan Panik Bisa Berakibat Fatal

Serangan panik terasa sangat tidak menyenangkan. Hal ini melibatkan detak jantung yang berdebar kencang dan rasa takut yang berlebihan. Namun, mereka tidak bisa berakibat fatal secara langsung.

Perlu dicatat bahwa seseorang yang mengalami serangan panik mungkin lebih mungkin mengalami kecelakaan. Karena itu jika seseorang mengalami serangan panik disarankan agar mencari tempat yang aman untuk menenangkan diri.

4 dari 12 halaman

3. Orang Dengan Kondisi Kesehatan Mental Tidak Bisa Bekerja

Mitos lama namun terus-menerus adalah bahwa orang dengan masalah kesehatan mental tidak dapat mempertahankan pekerjaan atau pekerja yang berguna. Hal Ini sepenuhnya salah.

Memang benar bahwa seseorang yang hidup dengan kondisi kesehatan mental yang sangat parah mungkin tidak dapat melakukan pekerjaan secara teratur. Namun, mayoritas orang dengan masalah kesehatan mental bisa sama produktifnya dengan individu tanpa gangguan kesehatan mental.

Sebuah studi AS yang diterbitkan pada tahun 2014 menyelidiki status pekerjaan menurut tingkat keparahan penyakit mental. Para penulis menemukan bahwa tingkat kualitas pekerjaan menurun berjalan dengan meningkatnya keparahan penyakit mental.

Namun, 54,5 persen orang dengan kondisi parah dipekerjakan, dibandingkan dengan 75,9 persen orang tanpa penyakit mental, 68,8 persen orang dengan penyakit mental ringan, dan 62,7 persen orang dengan penyakit mental sedang.

5 dari 12 halaman

4. Ada Masalah Kesehatan Mental Lebih Buruk dari Sakit Fisik

Gangguan kesehatan mental adalah penyakit, bukan tanda karakter yang buruk. Demikian pula, orang dengan, misalnya, depresi, tidak dapat "keluar dari situ" sama seperti seseorang dengan diabetes atau psoriasis yang tidak dapat segera pulih dari kondisi mereka.

Jika ada, yang benar adalah sebaliknya: Melawan kondisi kesehatan mental membutuhkan banyak kekuatan.

 

6 dari 12 halaman

5. Hanya Orang Tanpa Teman yang Membutuhkan Terapis

Ada perbedaan besar antara terapis dengan teman. Keduanya dapat membantu orang dengan penyakit mental dengan cara yang berbeda, tetapi terapis terlatih dapat menangani masalah secara konstruktif dan dengan cara yang bahkan tidak dapat dilakukan oleh teman terbaik.

Tidak semua orang bisa terbuka sepenuhnya di depan orang terdekat dan tersayang mereka. Terapis bersifat rahasia, obyektif, dan sepenuhnya berfokus pada individu.

Ditambah lagi, beberapa orang mungkin saja tidak memiliki teman dekat. Ada banyak kemungkinan penyebabnya, dan tidak baik untuk meremehkan dan menghakimi seseorang.

 

7 dari 12 halaman

6. Masalah Kesehatan Mental Bersifat Permanen

 

Diagnosis kesehatan mental belum tentu merupakan seumur hidup. Pengalaman setiap individu dengan penyakit mental berbeda. Beberapa orang mungkin mengalami episod di mana mereka dapat kembali ke versi "normal" mereka. Orang lain mungkin menemukan perawatan dan pengobatan atau terapi bicara yang mengembalikan keseimbangan hidup mereka.

 

Mental Health America, sebuah organisasi nirlaba berbasis komunitas, menjelaskan, “Sembuh dari penyakit mental tidak hanya mencakup menjadi lebih baik tetapi juga mencapai kehidupan yang penuh dan memuaskan. Banyak orang menegaskan bahwa perjalanan menuju pemulihan bukanlah jalan yang lurus dan mantap. Sebaliknya, ada pasang surut, penemuan baru, dan kemunduran. Perjalanan menuju pemulihan penuh membutuhkan waktu, tetapi perubahan positif dapat terjadi sepanjang waktu.”

8 dari 12 halaman

7. Kecanduan Adalah Kurangnya Kemauan

Pernyataan ini tidak benar. Para ahli menganggap gangguan penyalahgunaan narkoba sebagai penyakit kronis.

 

Sebuah makalah dalam Laporan Perilaku Adiktif menguraikan studi longitudinal kualitatif yang menyelidiki hubungan antara kemauan keras dan pemulihan dari kecanduan menemukan bahwa kurangnya kemauan bukanlah faktor penentu dalam mengalahkan kecanduan. Mereka menulis,

 

“Orang dengan kecanduan tampaknya tidak kekurangan kemauan. Sebaliknya, pemulihan bergantung pada pengembangan strategi untuk melestarikan kemauan dengan mengendalikan lingkungan. "

9 dari 12 halaman

8. Orang Dengan Skizofrenia Memiliki Kepribadian Ganda

 Ini hanya mitos. Ketika Eugen Bleuler menciptakan istilah tersebut pada tahun 1908, dia mencoba untuk menangkap fragmentasi dan disintegrasi pikiran dan perilaku sebagai inti dari gangguan tersebut.

 Menurut WHO, skizofrenia ditandai dengan distorsi dalam pemikiran, persepsi, emosi, bahasa, rasa diri, dan perilaku. Distorsi ini dapat berupa halusinasi dan delusi.

Skizofrenia tidak sama dengan gangguan identitas disosiatif yang biasa disebut dengan gangguan kepribadian ganda.

10 dari 12 halaman

9. Gangguan Makan Hanya Menyerang Wanita

Ada stereotip bahwa kelainan makan adalah untuk wanita muda, kulit putih, dan kaya. Namun, faktanya mereka dapat mempengaruhi siapa saja.

 Sebuah penelitian yang menyelidiki demografi gangguan makan selama 10 tahun menemukan bahwa gangguan tersebut berubah. Peningkatan yang paling signifikan terjadi pada pria, seseorang dari keluarga berpenghasilan rendah, dan orang berusia 45 tahun atau lebih.

 Menurut penelitian lain, pria saat ini menyumbang 10-25 persen dari semua kasus anoreksia dan bulimia nervosa, serta 25 persen dari kasus gangguan makan berlebihan.

11 dari 12 halaman

10. Gangguan Makan Adalah Pilihan Gaya Hidup

Ini adalah mitos yang berbahaya. Gangguan makan adalah kondisi kesehatan mental yang serius, dan, dalam kasus ekstrem, bisa berakibat fatal.

12 dari 12 halaman

11. Semua Orang dengan Penyakit Mental Melakukan Kekerasan

Ini tentu saja, hanyalah mitos. Untungnya, saat dunia menjadi lebih sadar akan kondisi kesehatan mental, kesalahpahaman ini perlahan-lahan menghilang. Bahkan individu yang mengalami kondisi paling serius, seperti skizofrenia, kebanyakan tidak melakukan kekerasan.

Memang benar bahwa beberapa orang dengan penyakit mental tertentu dapat menjadi kasar dan tidak terduga, tetapi mereka termasuk minoritas.

Penulis yang menyelidiki hubungan antara kesehatan mental dan kekerasan membantu menjelaskan mengapa mitos ini mendapatkan daya tarik selama bertahun-tahun:

 “Kekerasan menarik perhatian di media berita. Kekerasan dalam konteks penyakit mental bisa sangat sensasional, yang hanya memperdalam stigma yang sudah merasuki kehidupan pasien kami. "

Meskipun pasti ada hubungan antara kekerasan dan penyakit mental, seorang penulis menjelaskan, "Anggota masyarakat membesar-besarkan kekuatan hubungan antara penyakit mental dan kekerasan serta risiko pribadi mereka sendiri."

Dalam komentar yang muncul di The Lancet, Sir Graham Thornicroft, seorang profesor psikiatri komunitas di King’s College London di Inggris, menulis,

 "Orang dengan penyakit mental lebih sering menjadi korban kekerasan daripada pelakunya."

 

(Vania Accalia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini