Sukses

Bunda, Yuk Kenali 9 Tanda Si Buah Hati Tumbuh Sehat dan Bergizi Baik

Tanda si buah hati tumbuh sehat dan bergizi baik tidak hanya bisa bunda temukan dari berat dan tinggi badan, tapi juga bisa dilihat dari mata dan perilakunya.

Liputan6.com, Jakarta Sudahkan Bunda memberikan asupan yang sehat dan bergizi untuk anak? Asupan gizi sejak dini sangat penting untuk pertumbuhan anak dan menekan risiko anak terserang penyakit kronis ketika dewasa.

Tanda si buah hati tumbuh sehat dan bergizi baik tidak hanya bisa bunda temukan dari berat dan tinggi badan yang sesuai umur melainkan juga dari mata dan perilakunya sehari-hari. Dikutip dari laman Pomkes Kemenkes, Dr. Yustina Ani Indriastuti, M.Sc, SpGK menyebutkan ada beberapa tanda umum yang menunjukkan anak tumbuh sehat dan bergizi baik.

1. Tinggi dan berat badan sesuai umur

Anak dengan gizi baik pastinya diberi asupan makan cukup dan hal ini mempengaruhi tinggi maupun berat badannya. Bunda bisa memeriksa balita dengan kurva Kartu Menuju Sehat (KMS), sedangkan untuk anak-anak diukur dengan Indeks Massa Tubuh (IMT).

2. Postur tubuh kuat nan kencang

Takaran gizi dan nutrisi yang sesuai, menurut Dr. Yustina akan menunjang tubuh dalam membentuk otot kuat nan kencang. Anak pun akan lebih luwes selama beraktivitas sehari-hari

3. Postur tubuh tegap dan proporsional

Selanjutnya, anak yang sehari-hari mengonsumsi menu makan sehat cenderung mempunyai postur tegap berkat pertumbuhan tulang maksimal. Hal ini dikarenakan kebutuan protein, mineral, dan vitamin yang memenuhi.

4. Kulit tidak kering dan lembap

Tanda lain dari sehatnya seorang balita, menurut Dr. Yustina terletak pada kondisi kulitnya yang lembap dan tak mudah kering, sebab asupan vitamin A, vitamin E, dan zinc-nya tak pernah kurang.

5. Rambut berkilau dan tidak mudah rontok

 

Pada dasarnya, nutrisi yang anak konsumsi akan diserap dan didistribusikan ke seluruh anggota tubuh, termasuk rambut. Anak sehat akan punya rambut berkilau, kuat dan jarang rontok.

6. Mata jernih dan berbinar

Seperti Bunda ketahui, protein dan vitamin yang cukup akan meningkatkan kualitas indra penglihatan. Untuk anak-anak, mata mereka akan lebih jernih dan berbinar.

7. Cepat tanggap dan selalu ceria

Anak yang kekurangan karbohidrat dan zat besi biasanya mudah lesu dan tidak bersemangat dalam menjalani kegiatan sehari-hari. Berbeda dengan anak yang gizinya terpenuhi mereka akan tanggap dan selalu ceria di tiap harinya.

8. BAB lancar

Pencernaan yang baik dan sehat akan mendukung proses buang air besar yang lebih lancar. Menurutnya, yang bagus itu buang air besar sehari sekali, tapi kalau sehari tiga kali buang air besar masih oke asal tidak mencret

9. Tidur Nyenyak

Selain itu, asupan makan yang teratur akan membuat anak Anda tidur nyenyak dan segar saat bangun di pagi hari.

“Anak-anak tidak boleh tidur kurang dari delapan jam setiap malam,” ujar Dr. Ani. Karena jika jam tidur anak kurang dari yang dianjurkan, akan mengurangi konsentrasinya di sekolah dan mengganggu aktivitasnya.

Agar lebih yakin, pastikan mengecek kondisi Si Buah Hati secara berkala ke tenaga medis terpercaya, selain juga selalu menyiapkan makanan bergizi lengkap dan seimbang untuk anak.

Bantu penuhi asupan nutrisi Si Buah Hati dengan memberikan susu pertumbuhan yang diformulasikan khusus untuk Si Buah Hati di masa pra sekolah mulai dari usia 3-5 tahun dengan lebih banyak laktosa, tinggi zat besi & zink, tinggi vitamin A & C, omega 3 & 6, serta Lactobacillus rhamnosus untuk bantu lindungi eksplorasi Si Buah Hati.

Yuk pastikan Si Buah Hati mendapatkan asupan gizi seimbang untuk dukung dia beraktivitas. Kalau bukan Bunda, siapa lagi?

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.