Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

Kata Seksolog tentang Shibari, Bercinta Sambil Mengikat Pasangan dengan Tali

Jika Anda belum pernah mendengarnya, Shibari adalah bentuk kontemporer dari ikatan tali yang berasal dari Jepang.

Liputan6.com, Jakarta Banyak pasangan merasa sangat seksi ketika berhubungan seks saling mengikat atau diikat pasangan di tempat tidur. Faktanya, BDSM (bondage and discipline, dominance and submission, sadism and masochism) adalah fantasi seksual paling umum di antara orang dewasa Amerika, dengan 93 persen pria dan 96 persen wanita pernah berfantasi tentang beberapa aspek di masa lalu.

Lalu, apakah hal itu sama dengan Shibari? Jika Anda belum pernah mendengarnya, Shibari adalah bentuk kontemporer dari ikatan tali yang berasal dari Jepang, jelas Midori, seorang seksolog, pendidik, dan penulis Seductive Art of Japanese Bondage. Terkadang juga disebut Kinbaku atau perbudakan Jepang.

Shibari juga secara harfiah diterjemahkan sebagai "mengikat", tambah Sydona. "Ini mengacu pada simpul dan pola yang rumit dan indah yang digunakan untuk menahan dan memberi sensasi pada tubuh."

Yang menarik, Shibari tidak secara inheren seksual,” jelas Sydona, seorang seniman dan instruktur Shibari, seperti dikutip Menshealth.

“Banyak yang mempraktikkannya sebagai bentuk meditasi, sebagai alat untuk menciptakan hubungan dan keintiman dengan pasangan, atau sekadar menikmatinya karena itu indah,” katanya. Namun demikian, Shibari dapat digunakan untuk membuat panas suasana di kamar tidur atau untuk menambah fantasi seks Anda.

 

Sejarah Shibari

Menurut Midori, citra visual tersebut terinspirasi dari para tahanan dan penjahat yang ditahan di Jepang selama abad pertengahan dan periode Edo (1200-an hingga akhir 1800-an M).

"Ini memberi makan imajinasi erotis yang lebih gelap dari orang-orang Jepang yang kinky, sama seperti alat penjara abad pertengahan Eropa yang menginspirasi BDSM Barat (yang menggunakan salib, borgol, dan alat kesucian)."

Perilaku ini juga akan muncul di tempat-tempat khusus porno, tempat fantasi dan hiburan dewasa di tempat-tempat "gelap" di Jepang. Dalam Perang Dunia II, beberapa tentara Amerika melihat Shibari dan diam-diam membawanya kembali ke Amerika Serikat, kata Midori. Lalu tahun 90-an, hal tersebut tersebar di seluruh internet. Sehingga, kini hal tersebut dikembangkan sebagai bentuk kesenian akan 'kesenangan' di abad ke-21.

 

Simak Juga Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Daya tarik Shibari

Ada berbagai alasan mengapa seseorang dapat menikmati Shibari. “Mungkin ada hubungannya dengan perasaan melepaskan kendali, atau perasaan menyerah saat berhubungan seks,” kata Midori.

Beberapa orang menyukai sensasi sentuhan tali lembut (atau kasar) di kulit mereka. Ini bisa terasa seperti pelukan yang nyaman dan erat, Midori menjelaskan. Ini juga bisa menjadi tambahan yang bagus untuk permainan fantasi dominasi dan penyerahan. Bagi beberapa orang, "Ini dapat meningkatkan sensasi seksual dan orgasme karena perubahan posisi tubuh dan kontraksi otot," tambah Midori.

Sesuatu yang secara khusus menarik bagi Sydona terkait Shibari adalah keintiman yang tercipta antara dia dan orang lain. “Sebagai rigger, saya dapat menciptakan berbagai macam pengalaman untuk pantat saya tergantung pada apa yang mereka inginkan,” katanya. “Seringkali perasaan yang diinginkan hanyalah untuk ditahan, tetapi terkadang untuk merasa cantik, merasa malu, merasa seksi, merasakan sakit, dan sebagainya.” Seorang rigger dapat menciptakan perasaan tersebut untuk seseorang hanya dengan tali mereka.

Midori mencatat bahwa beberapa orang berpikir kalau semua pria top dan semua wanita bottom. Sedangkan menurutnya, tanpa memandang jenis kelamin, semua orang senang diikat dan mengikat kekasih mereka.

 

 

3 dari 4 halaman

Terminologi Shibari

Ada istilah dan frasa umum tertentu untuk praktisi Shibari. Sydona memberikan daftar beberapa kata yang umum digunakan:

Rigger / Rope Top: Orang yang mengikat.

Rope Bottom / Bunny: Orang yang sedang diikat.

Floor Tie: Pekerjaan menali yang dilakukan secara eksklusif di lantai.

Suspensi: Bentuk lanjutan dari Shibari yang mencakup mengangkat tubuh dari lantai hanya dengan menggunakan tali.

Self-tie: Ketika seseorang mengikat dirinya sendiri.

Midori menambahkan bahwa penting untuk memiliki "kata-kata aman" atau "sinyal aman". “Ini adalah kata-kata atau sinyal untuk menunjukkan bahwa salah satu dari Anda ingin mengubah apa yang terjadi,” katanya. Banyak orang cenderung menggunakan tanda lampu, seperti lampu lalu lintas, hijau untuk terus melaju; kuning untuk menandakan sudah mencapai ambang batas; dan merah untuk berhenti sepenuhnya. Namun Midori menyarankan agar Anda menemukan kata-kata aman yang paling cocok untuk Anda.

 

Bagaimana Shibari bisa memperkuat hubungan Anda dengan pasangan?

Hanya melakukan Shibari saja tidak akan secara otomatis memperkuat hubungan Anda dengan pasangan Anda, kata Midori. “Tetapi komunikasi yang diperlukan untuk merencanakannya sebelumnya, selama menikmatinya, dan setelah itu dapat memperkuat hubungan," katanya, mencatat bahwa ini juga berlaku untuk setiap permainan BDSM.

Sydona menambahkan, "Shibari adalah alat untuk mempelajari tubuh pasangan Anda, untuk membangun kepercayaan antara Anda dan pasangan, dan untuk menemukan keintiman yang baru dan menarik."

Sydona merekomendasikan Shibari Study, yang merupakan antologi kelas dan tutorial online berbasis langganan untuk semua tingkatan, yang diajarkan oleh para ahli Shibari yang terkenal secara internasional. Anda juga bisa membaca, buku Midori, Seductive Art of Japanese Bondage. Bahkan ada konferensi, seperti Rope Craft, dimana orang-orang berkumpul untuk belajar tentang Shibari dan bersosialisasi.

4 dari 4 halaman

Infografis Eksploitasi Seksual Anak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.