Sukses

Tips bagi Penderita Eksim agar Bisa Cuci Tangan dengan Aman di Tengah Pandemi COVID-19

Kulit adalah penting yang bertugas untuk melindungi tubuh dari virus dan bakteri dari dunia luar serta mengatur perubahan suhu.

Liputan6.com, Jakarta Dalam upaya mencegah penyebaran Virus Corona, kita harus menjaga kebersihan tangan kita dengan mencuci tangan setiap hari menggunakan sabun, serta menggunakan pembersih antiseptik atau hand sanitizer.

Namun bagi sebagian orang beberapa masalah bisa terjadi pada kulit di antaranya bengkak, kemerahan hingga rasa terbakar, dan gatal-gatal.

“Pandemi telah mengubah cara kita merawat kulit kita. Sering mencuci tangan, dan menggunakan pembersih antiseptik, serta pembersih tangan sangatlah penting selama masa pandemi COVID-19” kata Dr Mark Tang yang merupakan Direktur Medis dan Konsultan Dermatologis di The Skin Specialist and Laser Clinic seperti dikutip Channel News Asia.

Dr. Tang menjelaskan, seringnya mencuci tangan, menggunakan pembersih antiseptik serta pembersih tangan, hal tersebut dapat merusak pelindung kulit yang cenderung rapuh pada penderita eksim atau biasa di sebut dermatitis atopik. Bagi penderita eksim, sering melakukan hal di atas dapat menyebabkan iritasi dan peradangan kulit yang lebih parah.

Dr. Tang menambahkan, penderita eksim biasanya menggunakan kortikosteroid topikal atau obat oles yang digunakan untuk meredakan peradangan bila terjadi eksim. Namun siapa sangka, menggunakan kortikosteroid topikal dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh yang dapat membuat tubuh kurang efektif dalam mencegah virus, termasuk Virus Corona, penyebab COVID-19.

Dr. Tang menyarankan 3 hal yang dapat Anda lakukan bagi penderita eksim, untuk menjaga tangan Anda tetap bersih.

Video Hafalkan 5 Momen Cuci Tangan untuk Lawan COVID-19

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jaga Kebersihan Tangan Dengan Cara Aman

1. Pada saat dirumah, gunakan pembersih yang lembut tanpa sabun, dan minimalkan mencuci tangan yang tidak perlu.

2. Setelah dicuci, keringkan tangan Anda dengan lembut. Berhati-hatilah di sela-sela jari, di mana kulit lebih rentan kering dan pecah-pecah.

3. Gunakan pelembab tangan, gunakan secara teratur dengan memperhatikan jari, bantalan kuku dan lipatan kuku.

Apabila Anda ingin mendisinfeksi tangan Anda di depan umum, Dr. Eileen Tan yang merupakan merupakan dokter kulit Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena menyarankan Anda untuk mencuci tangan.

“Menurut saya, mencuci tangan secara umum lebih baik daripada menggunakan pembersih tangan atau hand sanitizer, karena pelembab kulit bisa langsung digunakan setelah mencuci tangan,” jelas Dr Tan.

Agar mencuci tangan di tempat umum tidak berisiko untuk kulit Anda, Dr Tang merekomendasikan untuk membawa sabun cair Anda sendiri.

Ada baiknya juga Anda membawa pelembab tangan dan menggunakannya untuk mengimbangi efek pengeringan dari mencuci tangan, saran Dr Tan.

"Pelembab memiliki kandungan yang baik untuk menjaga kulit Anda, seperti asam lemak bebas, ceramides dan arginine, sangat penting untuk membantu memulihkan pelindung kulit yang rusak pada kulit yang rawan eksim." ucap Dr. Tan.

 

(Deskhila Wijaya)

 

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Cuci Tangan yang Benar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.