Sukses

Simak, Tips Memakai Masker bagi Pengidap Eksim

Menggunakan masker adalah salah satu pencegahan penularan COVID-19, namun penderita eksim merasa menggunakan masker akan memperburuk kondisi kulit mereka.

Liputan6.com, Jakarta Pada masa pandemi COVID-19 semua orang wajib memakai masker saat keluar rumah. Beberapa orang yang memiliki kondisi kulit khusus seperti eksim akan merasa sulit jika harus menggunakan masker secara terus menerus karena akan memperburuk kondisi kulit mereka.

Eksim merupakan kondisi ketika kulit seseorang kering, gatal, meradang, merah, bersisik, pecah-pecah, hingga bergelembung dan bernanah. Kondisi seperti ini jelas membuat penderitanya merasa tidak nyaman.

"Pengguna masker yang ketat cenderung mengalami lebih banyak masalah kulit karena panas, keringat, dan cenderung memperburuk ruam kulit yang gatal dan lecet kulit." kata Dr Eileen Tan, yang merupakan dokter kulit di Eileen Tan Skin Clinic & Associates Rumah Sakit Mount Elizabeth Novena, seperti dikutip Channel News Asia.

Kortikosteroid topikal atau obat oles merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi reaksi alergi yang dapat mengurangi peradangan kulit akibat sejumlah kondisi, seperti eksim serta dermatis. Namun Dr Mark Tang selaku Direktur Medis dan Konsultan Dermatologis menjelaskan, ada kekhawatiran dalam menggunakan obat oles tersebut, penggunaan kortikosteroid topikal untuk mengendalikan eksim dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh.

Apabila Anda penderita eksim yang mengalami kondisi serperti di atas, Dr. Tang menyarankan beberapa cara berikut ini.

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Memakai Masker Bagi Penderita Eksim

1. Lembapkan wajah Anda setidaknya 30 menit sebelum memakai masker, gunakan pelembap yang ringan dan tidak berminyak.

2. Lanjutkan dengan menggunakan obat oles untuk eksim Anda.

3. Periksalah bahan masker yang Anda gunakan. Dr Yu Jia De yang merupakan dokter kulit anak di Rumah Sakit Umum Massachusetts mengatakan, beberapa masker menyertakan strip lem di sepanjang area hidung dan pipi, hal inilah yang dapat memicu reaksi alergi.

Dia menambahkan di situs National Eczema Association: "Beberapa masker juga mengandung kawat logam yang terletak di bagian hidung, kawat tersebut dapat mengikuti bentuk wajah Anda. Kawat ini mungkin terbuat dari nikel”.

Dr. Yu menyarankan untuk memasang lapisan kain lembut pada bagian dalam masker Anda.

(Deskhila Wijaya)

3 dari 3 halaman

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.