Sukses

Tetap Berlatih di Masa Pandemi, Ini Cara Persita Minimalisasi Potensi Penularan COVID-19

Pelatih Persita Tangerang Widodo C. Putro menerangkan proses latihan tim sepak bolanya selama masa pandemi COVID-19. Menurutnya, pelatihan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Persita Tangerang Widodo C. Putro menerangkan proses latihan tim sepak bolanya selama masa pandemi COVID-19. Menurutnya, pelatihan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Materi latihan tetap, persiapan menuju ke kompetisi tapi setiap hari sebelum mulai latihan ada protokol kesehatan. Di situ sudah ada dokter yang menyiapkan alat-alat untuk cek suhu, tensi, kadar oksigen,” ujar Widodo dalam konferensi pers BNPB (26/8/2020).

Selain itu, setiap minggunya seluruh anggota Persita melakukan rapid test guna mengantisipasi penyebaran COVID-19 jika ada yang terinfeksi. Saat latihan, para pemain Persita tidak diwajibkan mengenakan masker, namun para pelatih diharuskan mengenakan alat pelindung diri itu.

Beberapa perubahan yang dilakukan selama masa pandemi selain protokol kesehatan yang harus ditaati adalah pembagian ruang ganti. Sebelum pandemi, disediakan satu ruang ganti untuk seluruh pemain. Sedang, setelah pandemi pihak Persita menyediakan dua ruang ganti agar pemain tidak terlalu berkerumun.

“Pemain harus tetap jaga protokol kesehatan. Begitu datang cuci tangan, di ruang ganti biasanya satu ruangan, sekarang dibagi dua. Dari 26 pemain kita bagi dua jadi tidak berkumpul di satu tempat.”

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upaya PBVSI

Berbeda dengan Persita, Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) tidak melakukan kegiatan apapun termasuk pelatihan selama masa pandemi COVID-19.

Menurut mantan pemain Timnas Voli Indonesia Loudry Maspaitella, seluruh kegiatan Timnas Bola Voli Indonesia pada kalender 2020 ditiadakan sesuai surat edaran yang dikeluarkan pada Maret lalu.

“Di PBVSI hingga saat ini belum ada perubahan kebijakan yang diambil sejak bulan Maret. PBVSI menunda dan membatalkan semua agenda kegiatan tim bola voli, baik itu yang sifatnya pelatihan, seminar, pemusatan latihan, maupun pertandingan dan kompetisi.”

“Semua agenda PBVSI di 2020 ini benar-benar ditunda atau dibatalkan, sehingga kegiatan timnas bola voli pun tidak ada,” pungkasnya.

 

3 dari 3 halaman

Infografis COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.