Sukses

Penerapan Pedoman Gizi Seimbang dalam Isi Piring Anak di Masa Pandemi COVID-19

Gizi seimbang di masa pandemi COVID-19 membuat daya tahan tubuh anak kuat dan mencegah terjadinya paparan virus.

Liputan6.com, Jakarta - Gizi seimbang dapat diterapkan dalam mengatur isi piring anak mengingat pentingnya gizi seimbang. Terlebih, di masa pandemi COVID-19, daya tahan tubuh anak harus selalu terjaga guna mencegah paparan virus.

Ada beberapa pedoman yang dapat diikuti oleh orangtua agar dapat menyediakan makanan dengan gizi seimbang untuk buah hati.

“Yang pertama, di dalam isi piring anak ada sumber pangan karbohidrat, ini untuk energi tubuh. Kemudian, ada protein, selain untuk pertumbuhan dan regenerasi sel, protein juga diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh,” ujar ahli gizi IPB Prof. Dr Ir. Sri Anna Marliyati, MSi, dalam diskusi daring Danone, Jumat (28/8/2020).

Karbohidrat bisa didapat dari nasi, jagung, roti, sagu dan bahan lainnya. Sedang, protein bisa didapat dari telur, daging ayam, dan ikan.

Selain karbohidrat dan protein, asupan vitamin dan mineral juga harus ada dalam isi piring anak. Tak hanya sebagai zat pengatur berbagai proses metabolisme dalam tubuh, vitamin dan mineral juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Vitamin dan mineral ini bisa didapat dari berbagai macam buah dan sayur.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Antioksidan

Buah dan sayur dalam isi piring anak tidak hanya berkontribusi dalam memberikan asupan vitamin dan mineral, tapi juga sebagai penyedia berbagai macam antioksidan.

“Pigmen atau pewarna alami dalam buah dan sayur adalah antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Misalnya dalam stroberi itu ada antosianin, kemudian di dalam tomat ada likopen, dan lain-lain.”

Selain mengandung antioksidan, buah dan sayur juga mengandung serat yang berfungsi sebagai prebiotik atau makanan untuk mikroba yang ada di dalam saluran pencernaan.

Mikroba yang baik dalam saluran pencernaan bisa tumbuh dan membuat pencernaan menjadi sehat. Pada akhirnya hal ini akan berpengaruh pada daya tahan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.