Sukses

Periksa Kondisi Kesehatan ke RS di Tengah Adaptasi Kebiasaan Baru, Ini Tips dari Dokter

Berikut ini akan diberikan juga beberapa tips apabila Anda dan keluarga akan berkunjung ke RS

Liputan6.com, Jakarta Bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu, pemeriksaan secara tatap muka di rumah sakit (RS) disarankan untuk tidak ditunda.

Namun, meski telah memasuki adaptasi kebiasaan baru, masih ada orang yang khawatir untuk pergi ke fasilitas kesehatan seperti RS karena takut tertular COVID-19.

"Ada beberapa kelompok tertentu yang sebaiknya tidak menunda pemeriksaan kesehatan di masa new normal,"  kata dokter umum Felix Samuel dalam siaran persnya, ditulis Sabtu (15/8/2020).

Di antara kelompok tersebut adalah mereka yang memiliki gangguan kesehatan metabolik seperti diabetes, kolesterol, hipertensi, mereka yang memiliki masalah jantung dan kardiovaskular, ibu hamil, dan anak-anak yang membutuhkan vaksinasi.

Dokter yang berpraktik di RS Pondok Indah-Pondok Indah ini mengatakan, konsultasi tatap muka dengan dokter sebaiknya tetap dilakukan bagi pasien dengan kondisi tertentu. Di sini, dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan kondisi pasiens secara menyeluruh.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Berkunjung ke RS

Selain itu, pasien dengan gangguan metabolik juga diimbau untuk melakukan pemeriksaan darah rutin di laboratorium untuk memantau kesehatannya secara berkala..

"Kelompok usia lanjut dengan kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya tetap melakukan pemeriksaan rutin dengan dokter, apalagi jika memang harus mengonsumsi obat rutin," kata Felix.

"Dengan pemeriksaan berkala, baik secara langsung atau pun dengan medium lain, akan menentukan kelanjutan pengobatan yang harus dijalani agar kesehatan selalu terjaga."

Apabila harus berkunjung ke rumah sakit, ada beberapa tips dari dokter Felix yang bisa dilakukan:

  1. Pilih RS dengan protokol kesehatan yang ketat atau yang memisahkan area paisen bergejala COVID-19 dengan pasien dan pengunjung lainnya
  2. Kenakan masker dan face shield jika diperlukan. Ganti masker apabila sudah basah
  3. Pastikan Anda selalu berada dengan jarak minimal 1 sampai 2 meter dengan orang lain
  4. Rajinlah mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizier berbahan dasar alkohol selama minimal 20 detik. Upayakan juga untuk menghindari menyentuh fasilitas umum
  5. Datanglah mendekati waktu konsultasi dokter sehingga Anda tak perlu menunggu terlalu lama di rumah sakit
  6. Jangan lupa untuk segera mandi hingga bersih dan mengganti pakaian setelah tiba kembali di rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.