Sukses

Meski Ada Kasus Positif COVID-19, 182 Kabupaten/Kota Tidak Catat Kematian

Liputan6.com, Jakarta - Walaupun ada temuan konfirmasi positif COVID-19, 182 kabupaten/kota di Indonesia tidak tercatat angka kematian. Angka tersebut dhimpun Satuan Tugas Penanganan COVID-19 per 9 Agustus 2020.

"Ada 182 kabupaten/kota yang tidak ada angka kasus meninggal, meskipun di sana ada kasus positif COVID-19. Artinya, pasien-pasien di sana sudah sembuh semua, sehingga tidak ada yang meninggal," papar Tim Pakar Satgas Nasional Dewi Nur Aisyah dalam dialog di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Rabu (12/8/2020).

"Dalam hal ini, pelayanan kesehatan yang diperoleh dari pasien juga baik. Individu yang bersangkutan juga sudah mengerti harus mengejar (pergi ke fasilitas kesehatan) ke mana jika dia merasakan gejala-gejala COVID-19."

Lebih lanjut, Dewi mengatakan, ada 302 kabupaten/kota dengan angka kematian COVID-19 di bawah rata-rata dunia.

"Angka kematian rata-rata dunia 3, 66 persen. Adanya 302 kabupaten/kota dengan angka kematian di bawah rata-rata dunia adalah hal yang bagus ya," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Upaya Menekan Kasus Aktif dan Kematian

Dewi menambahkan upaya yang harus dilakukan untuk menekan kasus aktif dan kematian COVID-19, serta meningkatkan angka kesembuhan.

"Di beberapa daerah ada yang 1,7 sekian persen kasus aktif COVID-19, tapi menyumbang banyak sekali kasus kematian. Tentunya, kita harus memutus mata rantai penularan. Jangan sampai ada orang yang bertambah kasus baru COVID-19," tambahnya.

"Kita harus kembali melakukan protokol kesehatan dengan benar. Untuk menekan angka kematian, pemerintah perlu meningkatkan pelayanan kesehatan, memastikan sumber daya manusia (SDM) yang cukup, tempat tidur cukup, ruang yang cukup."

Selanjutnya, Dewi mengingatkan, masyarakat juga bisa menjaga daya tahan tubuh dan segera pergi ke fasilitas pelayanan kesehatan bila ada gejala COVID-19.

"Menjaga daya tahan tubuh supaya tidak tertular COVID-19. Kalau tiba-tiba merasakan gejala, sudah mengerti harus pergi ke mana," imbaunya.

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini: