Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Bakteri Gonore atau Pilek pada Alat Kelamin Bisa Mati di Suhu Panas?

Liputan6.com, Jakarta Bakteri penyebab pilek pada kelamin luar atau penyakit Gonore (GO) akan mati pada suhu di atas 39 derajat Celsius. Informasi tersebut disampaikan oleh spesialis kulit dan kelamin Anthony Handoko.

"Kuman GO tidak tahan panas, di atas suhu 39 derajat Celsius kumannya mati, memang mandi air panas suhu kurang lebih 40 derajat," ujar Anthony dalam virtual media briefeing, Rabu (5/8/2020), melansir Antara.

Bakteri Neisseria Gonorrhoeae yang biasanya berpasangan itu pun tak tahan dengan udara bebas dan kering serta lokasi selain selaput lendir yang menjadi tempatnya hidup.

Meski demikian, seseorang berisiko tertular Gonore jika melakukan kontak seksual dengan pasangan yang anggota tubuhnya seperti misalnya tangan yang terpercik nanah akibat bakteri GO.

"Kalau melakukan masturbasi, walaupun nanahnya menempel di tangan, tidak kena GO di tangan, tangan tidak ada selaput lendir. Kecuali dia melakukan masturbasi, tangan kena nanah lalu dia stimulasi vagina pasangan (menggunakan tangan), kemungkinan menular, bisa, tangan sebagai carrier," jelas Anthony.

Gonore menular dari orang ke orang saat melakukan kontak seksual dengan orang yang terinfeksi atau kontak dengan cairan tubuh mereka, baik vaginal maupun anal.

Anthony mengatakan, penularan tidak selalu dengan penetrasi. "Kontak itu tidak selalu harus penetrasi, saat Anda melakukan kontak seksual misalnya menempel (antarorgan intim) tidak ada penetrasi penis ke vagina, saat penis keluarkan nanah, bisa (menularkan bakteri ke pasangan)."

 

2 dari 3 halaman

Gejala Gonore

Bakteri penyebab Gonore bisa merusak selaput lendir, saluran kemih, tenggorokan (dari kontak seks oral), saluran reproduksi hingga salurah dubur. Masa inkubasi bakteri cukup singkat, yakni 2-5 hari.

Gejala Gonore ditandai dengan keluarnya nanah dari organ genital dan muncul rasa sakit saat buang air kecil, kata Anthony. Gejala itu biasanya lebih sering terjadi pada pria dibandingkan wanita. Anthony menjelaskan, secara anatomis laki-laki memiliki saluran kemih lebih pandang dari kandung kemih sampai penis.

"Kuman GO akan merusak selaput lendir di saluran itu, akibatnya memungkinkan keluarnya nanah dan itu terlihat. Pada wanita, saluran kemih sangat pendek, gejala tidak terlalu nyata," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Diagnosis Gonore

Sementara untuk sebutan pilek pada Gonore karena penyakit itu membuat kelamin mengeluarkan nanah seperti ingus, berwarna putih kehijauan. Anthony mengatakan, nanah itu menyebabkan saluran kemih jadi mampet sehingga menimbulkan rasa nyeri ketika berkemih. Kondisi mampet itu membuat ujung penis merah dan membengkak.

Nanah yang keluar dari organ intim biasanya menimbulkan bercak, salah satunya di celana dalam dan itu bisa jadi bagian diagnosis dokter. Bercak bisa berwarna kekuningan hingga cokelat karena ada bekas darah.

Diagnosis GO berdasarkan pemeriksaan klinis atau berdasarkan pemeriksaan gram dan kultur.