Sukses

Jubir Wiku: Pemerintah Kejar Pemeriksaan Spesimen COVID-19 Sesuai Target WHO

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa Pemerintah terus berupaya melakukan pemeriksaan spesimen sesuai target Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

"Perlu kami sampaikan Pemerintah terus mengupayakan kapasitas testing COVID-19 untuk dapat memenuhi standar minimal pemeriksaan WHO, yaitu 1.000 testing per 1 juta penduduk setiap minggunya," tegas Wiku dalam keterangan pers di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (30/7/2020).

"Testing menjadi kunci untuk melakukan tracing (pelacakan kontak) dengan baik dan benar. Tracing yang baik dan benar tidak mungkin dilakukan tanpa ada dukungan testing yang luas dan cepat serta kerjasama keterbukaan dari seluruh warga negara di Indonesia."

Hasil pemeriksaan spesimen COVID-19, lanjut Wiku, akan digunakan sebagai dasar perawatan (treatment). Apakah individu yang bersangkutan cukup isolasi mandiri atau perlu dilakukan isolasi di rumah sakit.

"Atau apakah perlu pengobatan berikutnya," lanjutnya.

2 dari 3 halaman

Laboratorium Periksa Spesimen

Data Satgas COVID-19 Nasional mencatat saat ini sudah ada lebih dari 300 laboratorium jejaring yang melakukan pemeriksaan spesimen. Integrasi data yang masuk pun tengah diupayakan agar pelaporan hasil pemeriksaan lebih cepat terdata.

"Saat ini sudah terdapat lebih dari 300 laboratorium yang mampu melakukan pemeriksaan COVID-19. Laboratorium tersebut terdiri dari 11 kementerian lembaga, yaitu Kementerian Kesehatan, pemerintah daerah, Asosiasi Rumah Sakit Swasta, Kemendikbud Dikti/Ristek," tambah Wiku.

"Kemudian laboratorium dari Badan POM, Kementerian Pertanian, BUMN, TNI/Polri dan Kementerian Agama. Kami memang belum bisa melaporkannya secara real time (hasil pemeriksaan), tapi upaya keras kami lakukan dengan peningkatan integrasi data seluruh Indonesia agar bisa melaporkan lebih cepat, sehingga mendekati real time."

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: