Sukses

Teliti Vaksin COVID-19, LBM Eijkman: Bikin Pondasi Bagian Paling Sulit

LBM Eijkman mengatakan bahwa saat ini, pengembangan vaksin COVID-19 yang mereka lakukan masih berada di 20 hingga 30 persen

Liputan6.com, Jakarta Direktur Lembaga Biologi Molekuler (LBM Eijkman) Amin Soebandrio mengungkapkan bahwa hingga saat ini, penelitian terkait vaksin COVID-19 yang mereka lakukan masih berada di sekitar 20 hingga 30 persen.

Hal ini disampaikan Amin dalam konferensi pers peresmian pengoperasian COBAS 6800 di LBM Eijkman, Jakarta kemarin (16/7) sore, yang juga diselenggarakan secara virtual.

"20 sampai 30 persen itu adalah pondasinya. Artinya kalau kita bikin rumah, pondasinya dulu kita selesaikan dan itu bagian paling sulit," kata Amin, ditulis Jumat (17/7/2020).

Amin mengatakan, apabila pembuatan pondasi ini bisa dilewati dengan baik maka tahapan pengembangan vaksin COVID-19 selanjutnya bisa dijalankan dengan lebih mudah.

Dalam penjelasannya, tahap ini berupa pengembangan protein rekombinan yang nantinya disiapkan untuk diberikan ke hewan.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akan Diuji ke Hewan Terlebih Dahulu

Amin menjelaskan bahwa peneliti di Eijkman sudah melakukan amplifikasi bagian spike S dan N dari virus SARS-CoV-2.

"Itu prosesnya cukup membutuhkan waktu dan teman-teman peneliti di Eijkman sudah berhasil mengamplifikasi gen S dan gen kemudian diperbanyak dan saat ini sedang dimasukkan ke dalam sel mamalia," kata Amin.

Dari proses tersebut, nantinya para peneliti akan mendapatkan protein rekombinan yang akan diuji lebih lanjut apakah dia bisa merangsang respon imun.

"Awalnya akan diuji pada hewan kecil, kemudian hewan yang lebih besar. Baru kemudian kita evaluasi, kalau sudah bagus kita akan serahkan ke industri."

LBM Eijkman sendiri mendapat tugas memimpin konsorsium vaksin khususnya vaksin merah putih yang pengembangannya dilakukan di Indonesia dengan platform protein rekombinan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.