Sukses

5 Cara Cegah Risiko COVID-19 di Ruangan Tertutup dari Gugus Tugas

Reisa Broto Asmoro dari Gugus Tugas memberikan beberapa tips untuk mencegah risiko terkena COVID-19 dari ruangan tertutup

Liputan6.com, Jakarta Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih mendalami kemungkinan penularan virus corona penyebab COVID-19 lewat udara, khususnya di ruangan tertutup.

Terkait hal itu, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 memberikan lima tips bagi masyarakat untuk mengurangi risiko tertular COVID-19 di ruangan tertutup khususnya yang menggunakan pendingin udara.

1. Mengatur Udara

Dokter Reisa Broto Asmoro dari Tim Komunikasi Gugus Tugas mengatakan, tips pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengatur ventilasi serta sirkulasi udara dengan baik.

"Pastikan ruang kerja atau tempat kita beraktivitas memiliki sirkulasi udara yang baik dan mendapatkan sinar matahari," kata Reisa dalam konferensi pers dari Graha BNPB, Jakarta kemarin, ditulis Rabu (15/7/2020).

2. Jaga Jarak

Gugus Tugas mengatakan, membatasi jumlah orang dan memastikan posisi duduk agar tetap menjaga jarak aman bisa mengurangi risiko penularan COVID-19 dalam ruangan. "Pastikan menjaga jarak di dalam ruangan dan hindari ruangan yang terlalu banyak orang," kata Reisa.

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menjaga Kebersihan

 3. Gunakan Masker

Reisa mengatakan masker harus selalu digunakan apabila seseorang masih berada di luar rumah, di tempat umum, serta ruangan kantor.

4. Jaga Kebersihan Tangan

"Hindari memegang permukaan benda yang kotor dan digunakan bersama dengan orang lain," Reisa berujar.

Apabila terlanjur melakukannya, bersihkan tangan dengan mencuci tangan atau hand sanitizer. Reisa mengatakan, jika tangan masih kotor, hindari menyentuh bagian wajah seperti mata, hidung, dan mulut.

"Ingat, mata pun memiliki saluran menuju pernapasan. Artinya mata bisa menjadi jalur masuknya virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19."

5. Jaga Kebersihan Permukaan Benda

Bersihkan permukaan benda-benda yang ada di sekitar ruangan dengan cairan desinfektan secara teratur.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.