Sukses

Viral Foto Bayi Baru Lahir Genggam Alat Kontrasepsi IUD

Liputan6.com, Jakarta Seorang bayi laki-laki yang baru lahir dari Kota Hai Phong bagian Utara, Vietnam, menjadi viral di Internet setelah beredar beberapa foto yang memperlihatkan dia sedang memegang alat kontrasepsi dalam rahim atau disingkat AKDR (IUD) di tangannya tepat setelah lahir.

Ahli obstetri Tran Viet Phuong mengambil foto-foto yang diposting di Rumah Sakit Hai Phong International pada 30 Juni dan sejak itu mendapat respons yang luar biasa.

Dalam foto, terlihat bahwa bayi laki-laki tersebut dengan matanya yang masih tertutup sedang menggenggam erat AKDR, sebuah alat kontrasepsi yang mencegah kehamilan dengan menghentikan sperma untuk mencapai dan membuahi sel telur, menurut WebMD.

Berdasarkan keterangan Tran Viet Phuong, IUD tersebut keluar bersama sang bayi dan dia (bayi tersebut) mengambilnya.

"Setelah membantu proses persalinan, saya pikir dia (bayi laki-laki) yang sedang menggenggam AKDR itu menarik, jadi saya ambil gambarnya. Saya tidak pernah menyangka (foto tersebut) akan menerima banyak perhatian," katanya, seperti dilansir VN Express.

Ibu sang bayi yang telah berusia 34 tahun ini sudah mempunyai 2 orang anak, baru kemudian ia memasang kontrasepsi AKDR di Rumah Sakit setempat, dua tahun sebelum menemukan bahwa ia sedang hamil 5 minggu.

 

2 dari 3 halaman

Bayi lahir sehat

Beruntung bayi laki-laki ini terlahir normal dan sehat pada 30 Juni dengan berat 3,2 kg.

IUD sendiri merupakan salah satu metode pengendalian kelahiran terbaik yang memiliki tingkat keefektivan 99%. meskipun begitu, seornag wnaita masih bisa tetap hamil jika alat tersebut berpindah tempat, menurut Medical News Today.

Netizen terpana dengan foto-foto tersebut sembari mengatakan kalau bayi tersebut telah ditakdirkan untuk terlahir ke dunia ini. Berikut beberapa komentar dari warganet:

"Bayi kecil sayang, dia sudah seharusnya ada disini (terlahir) dan ia (pun) menemukan jalannya."

"Tidak ada yang bisa menghentikan bayi kecil ini untuk terlahir ke dunia ini❤"

Namun tak sedikit pula netizen yang mengatakan kalau foto tersebut telah direkayasa dan AKDR tersebut memang sengaja diletakkan di tangan bayi.

Terlepas foto ini direkayasa atau tidak, hasilnya tetap menggemaskan, bukan?

3 dari 3 halaman

Simak Video Menarik Berikut Ini: