Sukses

Corona di Indonesia : Per 28 Juni, 99 Kabupaten/Kota Berstatus Zona Hijau

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa per 28 Juni 2020, 99 daerah kabupaten/kota di Indonesia dinyatakan berstatus zona hijau.

"66-nya adalah kabupaten/kota yang tidak terdampak. Artinya belum pernah atau belum terlaporkan kasus sama sekali," kata Wiku dalam bincang-bincangnya di Graha BNPB, Jakarta pada Jumat (3/7/2020).

Sehingga dari 514 kabupaten/kota ada 66 wilayah yang dilaporkan tidak atau belum terdampak COVID-19.

Wiku menyebut bahwa suatu wilayah bisa dikategorikan sebagai zona hijau apabila mereka yang belum atau tidak terdampak atau tidak melaporkan adanya kasus baru COVID-19.

"Yang disebut tidak ada kasus baru itu adalah selama 4 minggu terakhir tidak ada kasus baru dan kasus yang ada, sembuh 100 persen," ujarnya.

2 dari 3 halaman

33 Provinsi Turunkan Status

Wiku mengatakan, penurunan 33 daerah ke status zona hijau merupakan sebuah prestasi.

"Karena sebelumnya mereka berada dari zona yang lain. Di antara mereka bisa saja ada zona merah, zona oranye, dan zona kuning, yang bisa berpindah ke zona hijau."

Wiku menjelaskan, pembaharuan data terkait status suatu wilayah akan disampaikan setiap awal pekan.

Data terakhir yang dihimpun oleh Gugus Tugas Penanganan COVID-19 hingga 28 Juni 2020, terdapat 53 daerah berstatus zona merah atau berisiko tinggi, 177 wilayah berstatus oranye atau berisiko sedang, dan 185 wilayah dengan risiko rendah atau berstatus kuning, dan 99 berstatus zona hijau (66 tidak terdampak dan 33 tidak ada kasus baru).

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini